BRUDEL CAKE


Brudel Cake ini berawal dari kegagalan bikin no kneading bread alias roti tanpa diuleni. Ternyata membawa berkah tersendiri. Waktu itu tekstur roti yang kubuat mirip sama tekstur bika ambon tapi rasanya lebih kaya cake*hmmhh…perpaduan yang aneh*. Daku menduga karena adonanku terlalu encer, kebiasaan sok tau ngubah2 komposisi bahan, maklum gak punya timbangan kue,wekwekwek… akhirnya tu siluman bika ambon enak juga diolesin susu kental manis n ditaburi keju. Ya eyyalaaa… topingnya enak apapun jadi enak. Bahkan kalo bata dioles SKM n ditabur keju bisa jadi juga enak,wkwkwk… *eror*.

So…mulailah aq gugling tentang cake beragi. Ada siii tapi cake biasa dengan cara pengolahan biasa tapi ditambahin ragi. Naaa.. terus aku nemu resep mbak Jane Sipalsuta yang lariiiiiissss… dicoba banyak orang n dimodifikasi juga tentunya. Ternyata resep Brudel di internet gak banyak. Paling2 lima biji resep. Melihat rekomendasi n meneliti resepnya akhirnya aq putuskan pake resep ini juga. Selain bahannya standar, telornya juga dikit *teteuuuuppp*. Trus yang aq paling bersorak adalah stylenya aku banget, no mixer needed. So gak perlu capek2 nyuci mixer. Everything go into a large bowl. Tapiii… tetep aja cucianku banyak. Sebabnya apalagi kalo bukan memfasilitasi my babyboy biar tenang selama aq bikin kue. Jadi dia ikut2 juga ngaduk2 telur n ayak2 tepung *tepatnya acak2,xixixi*.

Setelah proses yang seru dilalui berdua, tu adonan didiamkan 30 menit. Tapi aq 45 menit cz harus nidurin anak dulu. Ada beberapa modip yang q lakukan. Yaitu aq gak pake susu bubuk, bukannya gak mau. Kemarin yakin masih ada 1 sachet susu bubuk dancow tapi td pas dicari gak ada. Soo… untung ada santan. Santan seger. Aq emang suka nyetok santan. Dari sebiji kelapa diperes pke aer sampe abis santannya. Trus rebus dengan sdikit garam. Pas udah dingin masukin ke botol2 kaca bekas sirup. Dengan kekentalan sedang biasanya didapat 1,5 botol.

Back to the batch. Jadi susu bubuk diskip n air angetnya q ganti dengan santan dingin dari kulkas..

Resep ala aku ya. Pake setengah resep dengan gelas takar yang lebih kecil yaitu gelas takar ukuran 200 ml. Kalo gelas belimbing kalo gak salah 250 ml.

Untuk brudel cake versi baru silahkan klik bolu brudel

Brudel Cake

Bahan kering:
2 ¾ c terigu
¾ c gula kastor (gula yang butirannya halus)
½ bungkus ragi instant yang isi 11gr (aq pake merk haan)

2 butir telur ukuran besar kocok lepas
1 c santan sedang
50 gr margarine

Cara membuat:

1. campur bahan kering n aduk rata
2. tambahkan telur, aduk
3. tambahkan santan sambil terus aduk sampe rata. Terakhir tambahkan margarine. Aduk2 sampe adonan licin.
4. masukkan dalam loyang sedang yang sudah di oles margarine n ditabur terigu.diamkan 30 menit (aq 45 menit) adonan akan naik 2 x lipat.
5.panaskan oven (pake otang) dengan api sedang 10 menit sebelumya. Panggang cake 30 menit (aq 35 menit). Tes tusuk udah mateng apa belom. Mateng kalo adonannya udah ga nempel di tusuk sate/lidi.

Tips..
Pengalaman aq karena pakenya cairan dari kulkas jadi margarinnya susah larut. Waktu q fermentasikan masih ada gerindilan2 kecil, cuekin ajah, hehe..so bagi yang nyoba resep ini mau pake santan, susu, ato aer biasa pakelah aer sesuai petunjuk original resep “PAKE cairan HANGAT”. Mungkin itu alasannya supaya si margarine bisa lumer.


Here is the original recipe

Brudel Manado

by Jane Sipasulta
Alat ukur : gelas belimbing

Bahan:
5 1/2 gls terigu
5 btr telur
100gr mentega
1 1/2 gls gula pasir
1 gls susu bubuk
1 bks fermipan
2 gls air hangat
keju parut/kenari/kismis/mixed fruit –optional

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering, aduk rata.
2. Masukkan telur, aduk.
3. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit, sambil adonan diaduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega, aduk rata.
4. Tuang ke dalam baking pan yg sudah dioles mentega dan ditaburi terigu.
5. Diamkan selama -/+ 30 menit hingga naik.
6. Taburi keju/kismis/kenari, sesuai selera.
7. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu.
8. Setelah matang, oleskan mentega di atas permukaan kue.

Comments