Cake Labu Kuning Kukus Keju Tepung Beras





Cake Kukus Labu Kuning Keju Tepung Beras -Aku mau posting resep-resep yang telah ku praktekkan beberapa waktu yang lalu  tapi belum sempat ku posting. Foto-fotonya masih pakai Nokia Asha 210. Lumayan ya masih terlihat jelas. Resep bolu labu kukus tepung beras ini bisa dibilang jawaban dari pencarianku selama ini. Cieeee... serius..dari dulu aku selalu browsing cake/bolu labu kuning dengan bahan tepung beras. Alhamdulillah ketemu di blognya mbak  Dewi Rosanti ini.



Aku takjub karena ternyata dengan tambahan tepung ketan bisa melunakkan hati tekstur si tepung beras yang cenderung keras jika dibuat cake atau bolu, xixixi.. Istimewa lagi bolu ini tanpa bahan tambahan pangan lo. Jadi memang harus benar-benar diperhatikan pengocokannya.

Resepnya aku modif sedikit dengan menambahkan  1/4 blok (45-50 gr) keju parut. Aku sertakan juga takaran dengan sendok makan. Sendok makannya munjung sedang ya, bukan peres. Dibawah resep yang sudah ku modif kusertakan juga resep aslinya.

Rasanya masyaAllah yaa.. Lembut, gurih, legit terasa semua. Pokonya enak bangeeettt...


Cake Kukus Labu Kuning Keju Tepung Beras
A ka Bolu Kukus Labu Kuning Keju
source :  Dapurku-Surgaku 

Bahan A:

3 telor suhu ruang+100gr gula (7sdm) +1/2 sdt vanili

Bahan B:

130gr tepung beras (13 sdm) + 20gr tepung ketan (2 sdm) dicampur dan ayak

Bahan C:

200 gr labu kuning kukus/rebus,tiriskan haluskan, dengan sendok/garpu, beri 3 sdm (1 sachet) susu kental manis putih+1/4 blok keju parut (keju bs diganti sebungkus dancow)+1/4 sdt garam

100 ml minyak goreng (1/2 gelas)

* Kalau aku semua bahan C ini di blender sampai halus

Cara Membuat:

  1. Panaskan kukusan,olesi loyang dgn minyak goreng.
  2. Kocok A sampai mengembang,kental berjejak (10-12 menit full speed).matikan mixer
  3. Masukan campuran tepung,sedikit demi sedikit, bergantian dengan campuran labu dan minyak goreng sambil diaduk dengan spatula/centong nasi. Mengaduknya pakai teknik aduk balik ya,dari dasar baskom dibalik ke atas kaya melipat, ini supaya adonan ga ambles soalnya ga pakai bahan kimia,
  4. Masukan loyang,kukus 30 menit, dengan api sedang. Jangan gunakan api besar karena kue bisa pecah,kcuali kalau mau bikin bolkus mekar.
  5. Tutup dandang dialasi serbet supaya uap air tidak menetes ke bolu.
  6. Jangan dibuka dandangnya sebelum 30 menit


Resep aslinya berikut ini:

Cake Labu Kuning Kukus
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
130 gr tepung beras
20 gr tepung ketan putih (campurkan jadi satu dgn tepung beras)
105 ml minyak goreng
140 gr gula pasir
200 gr labu kuning, rebus
3 butir telur
1/4 sdt vanili bubuk
sedikit garam
3 sdm susu kental manis

Cara Membuat:
Campur labu kuning dengan susu kental manis kemudian haluskan dengan blender. Sisihkan
Panaskan dandang terlebih dahulu dengan tutup dibungkus pake kain serbet. Kocok telur, gula, garam dan vanili hingga lembut dan mengembang (biasanya kalo aku 10-12 menit). Masukkan campuran tepung beras dan tepung ketan sedikit demi sedikit sambil diayak bergantian dengan minyak goreng dan labu kuning yang telah diblender. Aduk rata dengan spatula. Lakukan sampai semua habis dan tercampur rata. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dioles margarin. Kukus sampai matang.

Comments