Brudel Cake Chapter 2

Sejak kemaren sukses bikin  Brudel Cake hari ini bikin lagi. Tadinya pengen tetep pake resep kemaren n mau ditambahin telor sebiji sapa tau gak beremah. Tapi ternyata pas mau ngangetin santan, santannya udah basi, yaikkssss…. Adanya susu kental manis. Yaudah pake SKM yang dicairin ajah, gak banyak2 takut kemanisan. Cemplungin juga sisa keju ¼ blok yang diparut. Trus iseng tambahin maizena ½ cup. Kan katanya kalo cake ditambah maizena jadi lembut aq mau tau apakah itu juga berlaku untuk brudel. Ternyataaaa…. Tidak berlaku!!! Sama aja kuenya beremah. Penambahan telor juga gak bepengaruh pada tekstur. Pas ku cicip adonan mentahnya manis gitu kayak ada yang kurang. Q tambahin garam deh, baru pas. Baru inget santan yang kemaren kupake kan kurebusnya juga pake garam makanya udah gurih.

Hasil akhir kuenya, pada tekstur tetap, pada ukuran sama ajah, waktu memanggang lebih lama, jadi 50 menit gak tau kenapa. Padahal kemaren Cuma 35 menit. Dari aroma yang ini wanginya wangi biasa aj, beda ama yang kemaren wangi legit santan. Dari rasa juga sama2 gurih. Berati ni kue sama2 enak Cuma soal selera ajah. Kalo aq tetep milih yang adonan pake santan, wangiiiii lagit. Tapi kalo pas gak ada santan yang ini juga tetep okeh…

Here is the new modification

Brudel Cake (pake susu kental manis)

Bahan kering:
2 ¾ c terigu
¾ c gula kastor (gula yang butirannya halus)
½ bungkus ragi instant yang isi 11gr (aq pake merk haan)
½ c maizena (optional aja, gak ngaruh apa2,hehe)

2 butir telur ukuran besar kocok lepas dgn ½ sdt garam
¼ c susu kental manis tambah air hangat sampe jadi 1 c. aduk rata
50 gr margarine

Cara membuat:

1. campur bahan kering n aduk rata
2. tambahkan telur, aduk
3. tambahkan santan sambil terus aduk sampe rata. Terakhir tambahkan margarine. Aduk2 sampe adonan licin.
4. masukkan dalam loyang sedang yang sudah di oles margarine n ditabur terigu.diamkan 30 menit (aq 45 menit) adonan akan naik 2 x lipat.
5.panaskan oven (pake otang) dengan api sedang 10 menit sebelumya. Panggang cake 40 menit (aq 50 menit). Tes tusuk udah mateng apa belom. Mateng kalo adonannya udah ga nempel di tusuk sate/lidi.



Comments