Apem Nasi Enak dan Praktis



Sewaktu blog walking tak sengaja mataku terpaku pada resep Apem Nasi, Hah?? nasi jadi apem? yup begitulah kenyataanya teman-teman. Sungguh kagum aku atas kreatifitas ibu-ibu ini, Karena penasaran akhirnya aku masukkan kata kunci apem nasi ke google. Wah ternyata banyak sekali hasilnya, Rupanya sudah banyak yang mempraktekkan resep ini.

Yang aku heran resepnya serupa. Dan aku tidak tahu sumber aslinya dari mana. Karena rupanya resep ini berasal dari suatu grup masak di FB. Setelah puas buka-buka blog orang akhirnya aku memutuskan bikin hari itu juga. Tepatnya kemarin. 


Diresep ini selain nasi juga menggunakan dua macam tepung yaitu tepung terigu dan tepung beras. Tapi karena aku ingin kue yang benar-benar gluten free jadi semua tepung aku gunakan tepung beras dengan takaran yang sama. Perubahan lain yang ku lakukan adalah mengurangi jumlah gula menjadi hanya 1/2 gelas saja dan menambahkan garam supaya rasanya manis gurih. Untuk air aku menggunakan santan instan yang ku cairkan dengan air.



Sebenarnya aku agak bingung karena perintah adonannya didiamkan 3 jam. Tetapi setelah 1 jam adonanku baunya sudah agak menyengat. Karena khawatir jadi kucoba mengukus satu saja. Alhamdulillah bagus hasilnya. Akhirnya semua adonan aku kukus. Begitu jadi, wuiihh enak sekali rasanya. anak-anakku suka. Satu resep ini jadi 9 buah menggunakan cetakan plastik seperti yang ku pakai.


Mengukus percobaan



Adonan sebelum dan sesudah dikukus


Resep yang dibawah ini sudah ala aku ya teman-teman. Resep aslinya aku sertakan juga dibawahnya lagi. Resep ini aslinya ditakar menggunakan gelas belimbing. Tetapi aku menggunakan gelas lebih kecil bervolume 200 ml.

Apem Nasi

Untuk 9 buah kue apem

Bahan A: campur jadi 1
2 gelas tepung beras
1 sdt ragi instan ( aku pakai haan)

Bahan B: diblender halus
1 gelas nasi
1/2 gula pasir
1/2 sdt garam
1 sachet santan kara (65 ml) dilarutkan dengan air hingga menjadi 1 1/2 gelas (300 ml)
1 sdt pasta pandan ( opt)

Caramembuat:

  • Campur bahan B yang telah diblender halus ke bahan A.
  • Aduk rata hingga halus, tak ada lagi adonan bergerindil
  • diamkan 1 jam atau lebih, hingga adonan naik 2 kali lipat
  • Didihkan kukusan, siapka cetakan plastik kecil-kecil, tuang adonan apem hingga 1/2 tinggi cetakan
  • Kukus 15 menit
Tips : 
  • Cetakan plastik satuan tak perlu dioles minyak
  • Bisa menggunakan catakan bolu kukus mekar, isi hingga penuh jika ingin adonan mekar. Tapi adonan mungkin tidak akan semekar bolu kukus biasa.
  • Bisa juga dicetak menggunakan loyang besar. Olesi dahulu loyabg dengan minyak


Ini resep aslinya aku ambil dari blog mbak Ayie

Apem Nasi
by Ade Fitri Aulia (group ECB)

Bahan :
1 gelas nasi
1 gelas air (kmrn aku pake santan)
1 gelas terigu
1 gelas tepung beras
1 gelas gula pasir
1 sdt fermipan

Cara Membuatnya:
1. Blender nasi, santan, gula sampai halus.
2. Masukkan tepung terigu, tepung beras, dan fermipan, Aduk sampai rata. Diamkan kurleb 2 jam, sampai adonan mengembang/berbusa.
3. Siapkan cetakan cucing (cetakan kue talam), dan isi cetakan sampai penuh. Cetakan tidak usah diolaes minyak.
4. Kukus dengan api besar kurleb 25 menit sampai matang.

Comments