Bakwan Toge Tahu Renyah Kriuk




Hmmmm..bahan sisa lagi, xixixi... ini sebenarnya late post. Dibuat beberapa hari lalu. Waktu itu aku bikin tumis toge dan tahu. Biasanya bikin satu wajan habis dalam sehari. Tapi pas makan siang Abi malah bawa macam-macam makanan sisa acara makan-makan di kantornya. Mana makanan yang dibawa tak bisa ditolak. Ada gurami bakar, urap sama tahu tempe goreng. Gurami bakarnya lenyap ku gadoin dalam sekejap :D. Tahu tempe gorengnya ku daur ulang menjadi tahu tempe santan cabai hijau

Nah, sekarang bagaimana nasib masakanku sendiri? gak tahu dapat ide dari mana bikin bakwan ini. Tapi ide ini muncul setelah aku mengamati sayur ini dengan seksama. Sepertinya memang tidak ada jalan lain selain dijadikan bakwan alias bala-bala :D. Untuk bakwan, tak bisa ditawar-tawar favoritku adalah bakwan renyah dan kriuk. Maka dari itu aku kurang suka dengan bakwan original yang proses pembuatannya di goreng menggunakan cetakan dari sendok sayur. Karena bakwan seperti itu jadinya tebal. Aku jadinya agak mual,hehehe..

Aku lebih suka dengan Bakwan yang dimasaknya langsung disendoki ke wajan penggorengan. Kemudian sambil dilebarkan untuk mendapatkan bakwan dengan bentuk lebar dan agak tipis. Dengan begini jadinya renyah walaupun tanpa soda kue maupun baking powder. Supaya renyah kriuknya lebih terasa lagi tanpa bahan tambahan pangan maka aku menggunakan tepung beras dan tapioka. 

Sebenarnya tidak ada niat untuk menambahkan tepung terigu, tapi ternyata adonan yang kubuat kurang seimbang takarannya sehingga menghasilkan adonan yang menurutku terlalu encer. Aku ingin menambahkan tepung beras lagi tapi takut nanti jadinya malah keras. Ya sudahlah pakai terigu saja sedikit. Baiklah.. semoga postingan ini bisa jadi inspirasi :D



Bakwan Toge Tahu Renyah kriuk

Bahan:
1/2 mangkok sisa sayur oseng toge tahu tanpa kuah

Adonan tepung: Aduk rata sampai licin

5 sdm tepung beras
2 sdm tepung tapioka
2 sdm tepung terigu
100 ml air
1 batang daun bawang iris halus
sejumput merica dan ketumbar
garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Panaskan minyak agak banyak
  • Masukkan sayur toge tahu ke dalam adonan tepung. Aduk rata
  • Goreng adonan tipis-tipis supaya renyah

Comments