Kue Apem Praktis Ekonomis



Setelah kemarin lumayan sukses membuat apem nasi, jadi ketagihan dan kepingin makan kue apem lagi. Tapi aku ingin eksperimen lagi membuat apem tanpa nasi. Murni pakai tepung beras aja. Pikir punya pikir aku teringat dengan resep bolu kukus tepung beras farah quinn. Resep tersebut hanya terdiri dari tepung beras, air, gula dan baking powder. Hasilnya mengejutkan karena walaupun tanpa mixer, telur maupun emulsifier adonan tetap  mekar dengan sempurna.

Apem percobaan dikukus dengan cetakan bolu kukus mekar. tidak mekar :D

Kemudian aku punya ide gimana kalau ku ganti baking powdernya dengan ragi instan? Setelah aduk sebentar dan didiamkan selama satu jam. Kukus selama 15 menit. Horeee.. alhamdulillah berhasil baik dan enak.


Kue apem sangat fleksibel teman-teman. Bisa dibuat ekonomis maupun elitis, xixixixi... bahasa apaan itu ya. Maksudku semua terserah kita. Kalau ingin super ekonomis cairannya menggunakan air saja. Kalau ingin yang ekonomis cairannya bisa menggunakan santan super encer, santan instan yang diencerkan maupun susu kental manis yang diencerkan. Kalau mau yang elitis gunakan santan yang agak kental atau susu UHT. Memang bisa membuat kue apem menggunakan susu? bisa kok, aku sudah pernah mempraktekannya pada resep apem sukses.
Kue apem baru matang dari kukusan


Apem yang kubuat kali ini teksturnya lebih padat daripada apem sukses yang spongi, Maupun dari apem nasi. Tapi nggak keras kok. pokoknya enak dan praktis. Cocok buat pemula yang doyan apem :D

Kue Apem Praktis Ekonomis

Takaran menggunakan gelas ukur/cup volume 200 ml

Bahan: 
2 cup (200 gr tepung beras)
1/2 cup gula pasir ( 100 gr)
1/2 sdt garam
1 sdt ragi instan ( aku pakai 1,5 sdt Haan karena tanggung)
1 sachet kecil santan instan dicairkan dengan air hingga menjadi 250 ml santan cair

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan. Aduk rata sampai halus, gula larut dan tidak ada lagi tepung yang bergerindil
  • Diamkan selama 1 sampai 1,5 jam, sampai adonan naik 2 kali lipat
  • Didihkan kukusan, tuang adonan dalam cetakan hingga penuh
  • Kukus selama 15 menit
Noted:
  • Dihasilkan 6 buah apem menggunakan cetakan seperti yang ku pakai

Comments

  1. Kemarin lagi cari-cari resep Apem tepung beras pakai ragi tanpa santan dan akhirnya saya terdampar di Tehninit.com
    Saya suka resepnya dan tidak sabar ingin mencobanya. Terima kasih atas resep simplenya mba Anita dan salam kenal.

    Saya juga sudah baca resep yang lain, saya suka karena resepnya sederhana dan punya ciri khusus yaitu selalu menggunakan gelas/cup ukuran 200 ml. Saya juga baru mau buat resep seperti itu, boleh sama kan, mba?

    ReplyDelete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)