Nasi Goreng Kunyit


Entah kenapa beberapa hari lalu aku lagi senang-senangnya makan nasi goreng. Sulthan juga suka dibawakan bekal nasi goreng. Karena takut dia bosan maka aku buat nasi gorengnya beda versi. Yaitu nasi goreng kuning alias nasi goreng kunyit. Alhamdulillah dia suka. Sesuai namanya nasgor kunyit memang menggunakan kunyit didalamnya. Resep ini terinspirasi dari masa kecilku. Waktu dahulu mamaku sering bikin nasi goreng berwarna kuning ini. Bumbunya hanya ulekan bawang dan kunyit segar.

Aku kurang tahu juga mamaku pakai bawang merah, putih atau campuran keduanya. Yang jelas rasanya enak, heheheh... Ya iyalah masakan ibu kita memang selalu no. 1 dan bikin kangen.Dari hasil sering bikin aku sendiri cocok dengan bahan super simpel yaitu bawang merah dan kunyit. Dahulu sewaktu masih jaman kost di Banjarmasin jika kena piket masak aku sering buat ini untuk sarapan. Karena jaman dahulu gak ngerti ada kunyit bubuk (lagipula waktu rasanya belum umum apa-apa pakai serba bubuk seperti jaman sekarang) maka aku mengulek sendiri bawang merah dan kunyit segarnya.

Sekarang pun sebenarnya masih manual pakai ulekan. Sampai 2 bulan yang lalu sepulang aku mudik dari Banjarbaru mamaku memberi oleh-oleh kunyit bubuk. Tadinya aku tidak mau karena di warung-warung sini juga banyak kunyit bubuk lokal. Tapi begitu mamaku suruh aku cium aromanya. Wahh... kunyit bangeeettt.. Langsung deh angkuuuttt. Aromanya beda dengan yang dijual diwarung-warung sini.

Dan waktu ku pakai membuat nasgor kuning ini woww rasanya sama saja dengan ketika pakai kunyit segar. Asiiikk jadi lebih praktis deh,, gak perlu ngulek lagi. Bawang merahnya tinggal diiris tipis dan ditumis bersama kunyit bubuknya. Waktu ibi-ibu lain lihat aku makan ini di TK pada heran. Katanya aneh-aneh aja nasi goreng pakai kunyit :D. Padahal biasa aja kali ya.. sepertinya sudah umum. Hanya beliau-beliau saja yang belum tahu.

Ini nasi goreng kunyit ala aku..


Nasi Goreng Kunyit

Untuk 1 porsi

Bahan:

  • 1 piring nasi putih dingin
  • 1 butir bawang merah ukuran besar, iris tipis
  • 1/2 sdt kunyit bubuk ~ pastikan asli bau kunyitnya kuat
  • 1 butir telur untuk dicampurkan ke dalam nasi gorengnya ~ jika suka, Jika tidak suka telurnya dimasak terpisah saja
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • garam secukupnya
  •  jika ada dan suka boleh ditambah irisan bawang daun dan cabai rawit

Cara Membuat:

  • Dengan api kecil tumis irisan bawang dan kunyit dalam 2 sdm minyak goreng hingga wangi dan matang. Harus sampai matang supaya tidak getir kunyitnya
  • Masukkan nasi, kaldu bubuk dan garam, aduk rata
  • Pecahkan telur diatas nasi ( jika suka telurnya dicampur), aduk hingga telur dan nasinya matang. Jangan lupa cicipi dulu rasanya sebelum diangkat
  • Selamat sarapan (y)


Comments