Perkedel Kentang Telur

kroket-kentang-telur

Perkedel kentang telur ini nyontek dari tabloid saji jadul.  Tepatnya edisi 134 tahun 2008 D. Pada kumpulan resep kreasi telur modern dengan judul asli kroket telur. Lama banget ya.. Aku dulu memang suka sekali beli tabloid saji ini. Dan sampai sekarang kusimpan baik-baik. Soalnya suka ku buka-buka lagi sebagai penghibur hati, :D. 

perkedel-kentang-telur
Kusisakan sedikit adonan isinya digoreng tersendiri,
bulat-bulat imut, enaaak banget

Sudah lama aku pengen  praktek tapi entah kenapa aku malah praktek-praktek resep yang lain. Kroket ini menurutku simple tapi unik. Resep aslinya lebih komplet pakai keju segala. Tapi aku bikin lebih praktis aja. Kusertakan resep aslinya sekalian keterangan yang kulakukan. Rasanya okeee banget, gurih deh.. Kentang kukus berpadu kuning telur hmmm...suamiku doyan banget.

perkedel-kentang-telur-praktis-enak

Perkedel Kentang Telur
Hasil : 10 buah
Sumber: Tabloid Saji No. 134 thn. 2008

Bahan:
5 butir telur ayam rebus
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
200 gram kentang kukus, dikupas dan dihaluskan
1 batang bawang daun, iris tipis ~ tambahan sendiri
1/2 sdt kaldu bubuk ~ tambahan sendiri
1/2 sdt garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk ~ aku tak pakai
50 gram keju cheddar parut ~ aku tak pakai

Bahan Pelapis:
2 butir telur, dikocok lepas ~ aku pakai terigu yang di encerkan dengan air
75 gram tepung panir kasar

Cara Membuat:

  1. Belah dua telur. Ambil bagian kuning telurnya.
  2. Isi: campur semua bahan isi dengan kuning telur. Aduk rata.
  3. Ambil potongan telur. Isi telur dengan bahan isi. Bentuk seperti telur utuh
  4. Celup ke telur/terigu yang dicairkan. Gulingkan di tepung panir kasar.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

Comments