Bolu Brudel

bolu brudel manado

Setelah sekian lama akhirnya bikin lagi brudel cake atau bolu brudel.. sama aja lah yaa.. kue khas Manado ini memang enak dan khas. Bagi yang belum tahu brudel cake adalah kue khas Manado yang proses pembuatannya menggunakan ragi sebagai pengembangnya, tidak seperti cake biasa yang pakai baking powder, soda kue atau emulsifier. Rasa dan teksturnya jadi mirip roti, jadi cake rasa roti, atau roti rasa cake, wekekekek...

Dulu sekali aku sering bikin bahkan ku modif-modif juga jadi brudel pandan, brudel karamel, brudel pisang bahkan brudel kacang ijo. Semuanya enaaaak.. Jika tertarik klik saja kategori brudel cake di blog ini. Brudel pertama yang kubikin dulu Alhamdulillah langsung sukses. Makanya ketagihan bikin.


bolu brudel manado
fermentasi brudel cake
Waktu kemarin ngobrol sama teman dia bilang pingin bikin brudel, aku jadi kangen deh.. selama ini gak bikin lagi karena ketumpuk sama resep-resep baru yang pingin dicoba. Akhirnya hari ini aku bikin, Alhamdulillah bahan ada semua. Modifikasi dari resep sebelumnya yang  yang bersumber dari resep brudel cake nya mbak Jane Sipalsuta. Kali ini aku pingin timbang semua bahannya biar dapat komposisi yang pas. Terus aku hilangkan margarin dang anti pakai minyak goreng. Surpraisee.. brudel cakenya kompak, gak beremah. Aku ingat dahulu sampai menambah jumlah telur dan maizena kali aja brudelnya berkurang remahnya. Ternyata gak mempan. Kali ini malah bisa.. Alhamdulillah seneng deh brudeku rapi dipotong, xixixi

bolu brudel manado
cake ku panggang pakai panci stainless

Ini dia bolu brudelnya, fresh from the panci, walau agak gosyong, hehehe… rasanya enak.. tapi agak lebih ringan dari yang sebelumnya, ini karena aku pakai minyak goreng yang notabene kurang berasa dibanding margarine. Aku suka banget deh sama kue brudel ini, bikinnya praktis, tak perlu pakai mixer. Yang penting pastikan raginya masih bagus. Oke deh ini dia resepnya..

bolu brudel manado


Bolu Brudel Aka Brudel Cake 
versi baru

Bahan kering:
300 gr terigu
1/2 sdt garam
120 gr (6 sdm ) gula pasir
1/2 bungkus ragi instan
1/2 sdt vanili bubuk
Semua bahan kering diaduk rata

Bahan basah:
2 butir telur
50 ml Santan instan
200 ml air hangat
50 gr minyak goreng (65-70 ml), boleh diganti dengan 50 gr margarin

Cara Membuat:
  • Olesi Loyang dengan minyak kemudian taburi tepung terigu
  • Masukkan bahan basah ke bahan kering, aduk sampai rata dan licin
  • Tuang ke dalam Loyang, tutup dengan serbet, diamkan 30 menit
  • Panaskan oven (aku pakai panci stainless yang diberi tatakan besi), oven dengan api sedang sampai matang. Kira-kira 20 menit dioven, Cek kematangannya dengan tes tusuk

Comments

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)