Bolu Kukus Gula Palem Mekar No Mixer

Bolu Kukus Mekar No Mixer
tetap mekar tanpa cetakan bolong


Aku baru sebulanan ini gabung grup kuliner FB langsung enak. Ternyata seru, banyak ilmu dan resep-resep baru didapat. Resep-resep eksperimen khas masing-masing anggota yang tentunya lebih bernilai karena hasil kreasi sendiri atau resepnya sudah mereka praktekkan dan modif sendiri. Jadi beberapa minggu ini jika buka Fb kebanyakan aku baca postingan-postingan teman-teman grup, terus men save resep-resep atau tips-tips yang aku anggap oke untuk entar ku praktekkan. Yang sudah berhasil sebelumnya adalah resep roti tawar ekonomis, yang setelah kumodif jadilah resep roti tawar andalanku.

Kali ini bolkus mekar no miksernya yang ku praktekkan. Seperti yang kutuliskan di postingan sebelumnya kalau mikserku korslet, jadi sekarang aku cari-cari resep no mikser. Karena belum ada dana rencana buat beli dulu, xixixi… Alhamdulillah berhasil nih bolu kukus mekarnya. Karena gak punya gula merah maka aku ganti dengan gula palem dan jumlah airnya aku tambah. Makasih ya Jenk Kelin yang sudah berbagi resepnya.

Bolu kukus mekarnya berhasil sesuai harapan. Rasanya oke. Teksturnya agak berbeda dengan bolu kukus mekar biasa yang pakai emulsifier, yaitu ringan dan kopos-kopos. Kalau versi no mikser ini agak padat. Dulu aku pernah buat juga bolu kukus mekar tanpa mikser ekonomis, tapi kurang mekar sempurna. Baru tahu ternyata rahasianya ditambah soda kue, hohoho.. oke deh ini kusertakan resep aslinya dan resep modifikasiku

Bolu Kukus Gula Palem

Bahan kering di aduk rata jadi satu:
250gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Bahan basah:
60 gr gula palem
250 ml air
50 ml susu kental manis putih
50 ml minyak goreng
1/2 sdt garam

Cara Membuat;

  • Panaskan kukusan
  • Aduk bahan basah sampai semua gula larut
  • Masukkan bahan basah ke bahan kering, aduk rata, jangan terlalu lama mengaduk karena bisa bantat
  • masukkan ke cetakan sampai penuh, lalu dikukus kurang lebih 10 sampai 15 menit
Resep Asli dari group FB Langsung Enak
Oleh: Djenk kelin

Bolu kukus gula merah

 

Bahan;
250gr tepung terigu
250gr gula merah ( disisir )
150ml air
100ml minyak goreng
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue


Cara Buat : 

cairkan gula merah dgn air 150 ml, dinginkan
campur semua bahan jadi satu
masukkan ke cetakan

lalu dikukus kurang lebih 10menit

Comments

  1. ehh... saya juga udah gabung lama di grup masak ini bun. membernya semuanya sangat aktif dan antusias berbagi resep masakan masing2.. Jadi yang lain pun bisa ikutan belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah member jg bun..iya seneng ya belajar sama2 dr ide2 nya bunda2 yg kreatif2 n tentunya hemat..hehehe

      Delete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)