Pizza ku Akhirnya Enak juga, Bisa Oven, Kukus Maupun Teflon

Pizza ku Akhirnya Enak juga, Bisa Oven, Kukus Maupun Teflon
kiri pakai teflon, kanan dikukus
Setelah lumayan lancar bikin donat, roti dan pizza sekarang saatnya berekspansi menaklukkan PIZZA.. yeahhh huwwww... jaman dulu pas kuliah sekitar 10 tahun yang lalu di Banjarmasin aku pernah cobain pizza paparons. Belinya yang di konter take away di teras supermarket Glow. Aku sama temanku memei masing-masing beli sepotong, memei beli topping daging, aku beli yang topping ayam karena dulu belum doyan daging. Dan ternyata aku gak doyan pemirsah, pizzanya korslet dilidahku, si Memei doyan dia, jadi punyaku aku kasihkan memei, huehuehue.. Aku gak suka bukan karena rasanya yang gak enak, ya karena aneh aja rasanya, maklum lidah etnik, wkwkwkwk
Pizza ku Akhirnya Enak juga, Bisa Oven, Kukus Maupun Teflon
panggang pakai teflon bertutup

Pernah suatu hari sekitar 4 tahun yang lalu aku bikin pizza mini topping ayam tapi bisa dibilang gagal karena rasanya yang gak jelas selain rotinya juga keras, ayamnya aku kasih bumbu ketumbar gitu jadi rasanya rada-rada eror, wkwkwk.. Setelah sekian lama melupakan pizza akhirnya aku tergerak lagi untuk bikin karena banyak ibu-ibu di grup yang posting.

Karena malas mikir-mikir lagi buat resep aku pakai resep yang dasarnya dari Donat Maizena ku saja, yang lain menyesuaikan. Adonan roti pizza ini lebih muda daripada adonan roti lainnya karena cukup diulen seadanya sampai kalis saja. Untuk topping karena ini percobaan jadi aku pakai yang instan saja, hasilnyaaa enaaaaakkk suamiku doyan banget, terutama yang kukus karena lebih empuk dan lembut. Masih ada sisa yang panggang aku taruh kulkas, paginya aku hangatkan dengan cara dikukus biar makin empukss.. Okeeh ini resepnya

Pizza ku Akhirnya Enak juga, Bisa Oven, Kukus Maupun Teflon
dikukus pakai loyang bulat


Pizza tehninit Kukus dan panggang
Untuk 2 loyang bulat diameter 20 cm atau yang setara dengannya

Adonan:
Bahan kering
300 gr terigu, aku pakai terigu biasa alias all purpose
2 sdm maizena (20 gr)
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan (1/4 bungkus)
Semua bahan kering di campur jadi satu dalam baskom, diaduk rata

Bahan basah:
200 ml air es
2 sdm minyak (aku pakai minyak zaitun)

Cara membuat roti pizza:

  • Masukkan semua bahan basah ke bahan kering, aduk rata pakai tangan, gumpalkan
  • Siapkan meja kerja untuk mengulen. Aku pakai nampan plastik besar ditaruh dilantai dan disangga pakai kaki
  • Siapkan 2 sdm terigu tambahan, taburkan sedikit diatas nampan, taruh adonan di atas nampan berterigu, lumuri telapak tangan dengan sedikit terigu, uleni adonan hingga kalis. Sebentar saja, sekitar 5 menit sudah kalis dan terlihat halus. Gunakan terigu yg 2 sdm tadi setiap adonan lengket
  • Jika adonan masih agak lengket setelah diuleni 5 menit, biarkan saja, jgn ditambah terigu, banting-banting saja
  • Bulatkan adonan, taruh dinampan, tutup dengan serbet, diamkan sekitar 40 menit sampai 1 jam. Atau hingga adonan mengembang
  • Setelah mengembang bagi adonan menjadi 2
  • Untuk Isi bisa suka-suka, Karena percobaan aku pakai topping yang umum saja

Bahan saus pizza:
1 bungkus saus bolognese, ku pakai pronas saus bolognese satu bungkus isi 175 gr
4 sdm saus sambal, bisa diganti saos tomat biasa jika tak ingin pedas
1/2 sdt oregano kalo ada
Cara membuat: aduk rata semua bahan saus. Ini untuk cukup 2 loyang pizza diatas

Topping:
6 buah sosis, aku pakai sosis ayam champ, bisa pakai yang lain sesuai selera
Keju quick melt secukupnya, aku pakai keju quick melt KW buatan sendiri. Bisa pakai mozarella kalau ada

Penyelesaian:
  • Siapkan teflon bertutup, jika pakai oven panaskan oven dan siapkan loyang lebar. Jika ingin dikukus. Siapkan loyang bulat atau kotak sesuai muat kukusan
  • Ambil satu bagian adonan roti, lebarkan dan ratakan di Teflon atau lebarkan diloyang, tinggikan bagian tepinya
  • Olesi sausnya. Taburi sosis hingga rata. Taburi keju quick melt atau mozarella (aku pakai quick melt KW)
  • Untuk yang di Teflon, tutup Teflon, taruh Teflon diatas kompor, nyalakan api keciiil, panggang sekitar 30 menit, terlihat dari keju yang meleleh seluruhnya
  • Untuk yang dikukus, masukkan loyang pizza dalam kukusan yang sudah mendidih, kukus dengan api sedang selama 15 menit
  • Untuk yang dioven, masukkan dalam oven yang sudah panas, oven sekitar 20 menit dengan api sedang
Keju quick melt bisa dibuat sendiri dengan cara;
dalam panci kecil/sauce pan campur jadi satu 1 blok atau 180 gr keju cheddar parut, 300 ml susu cair dan 3 sdm maizena atau tapioka, aduk rata. setelah tepung larut panaskan diatas kompor sampai mendidih, kecilkan api dan masak hingga keju larut, dinginkan, tuang dalam cetakan kecil-kecil atau ke toples biasa yang bertutup, taruh dikulkas.

Jika ingin lebih cepat bisa dengan cara kejunya dipotong-potong kecil saja kemudian blender bersama susu cair dan maizena/tapiokanya, dengan cara ini keju lebih mudah meleleh dan menyatu hingga hasil kejunya nanti juga lebih mulus

Comments

  1. Nice recipe. Thank you for sharing! Can't wait to try it.
    There are many reasons that might prevent you from signing in email normally, email login is created to help you solve all sign in problem.

    ReplyDelete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)