Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri

Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri


Masih ada sisa terong sisa kemarin beli sekilo, masih banyak ih.. kemarin beli cuma dipake sedikit saja, digoreng biasa dan dimakan pakai sambel tomat terasi, tempe dan tahu goreng, walahh gorengan semuahhh.. Jadi hari ni mikir dibikin apa ya supaya beda. Kalau sayur kurang doyan, hmmm yasudahlah dibikin sambel favoritku saja. Tapi yang versi kemiri karena sambel terong yang  biasa sudah pernah aku posting, waktu itu  sambel terongnya aku campur udang rebon.

Dulu kalau bikin sambel-sambelan ini terutama sambel terong pas diakhir memasak aku suka kesal karena minyaknya menumpuk banget. Aku memang pakai minyak banyak buat menumis soalnya kan kalau minyaknya sedikit suka susah ditumis, suka lengket diwajan dan diadukpun susah. Tapi sekarang aku sudah tahu caranya.. siapa tahu pembaca juga belum tahu dan mengalami seperti aku tipsnya aku tulis paling bawah resep ini ya..

Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri

Resep sambel terong tanpa kemiri silahkan KLIK DISINI

Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri
Bahan-bahan:
500-600 gr terong ungu, potong sesuai selera, goreng hingga matang
200 ml air
1 sdt garam
1/4 sdt penyedap
2 sdm gula merah sisir

Bumbu halus:
10 buah cabe keriting, aku pakai 15 karena kecil- kecil, bisa juga pakai cabe merah besar
10 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 blok terasi instan, optional
1 ruas jari jahe, optional
7 butir kemiri
200 ml air

Cara membuat:
  • Terong dipotong-potong, langsung cemplungkan ke dalam baskom berisi air hingga terendam, kemudian goreng hingga matang
Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri
  • Semua bahan bumbu halus diblender hingga halus, kemudian transfer ke dalam wajan, aku pakai wajan datar, masak hingga air mengering
Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri

  • Tambahkan 2 sdm minyak goreng [aku pakai minya sisa menggoreng terong, gambar 1], tumis dengan api kecil hingga matang, tandanya bumbu berwarna lebih gelap. Tumisan bumbu memang terlihat kering karena minyak yang sedikit tapi biarkan saja [gambar 2] teruskan mengaduk hingga matang karena nanti minyak dari kemiri juga keluar,  setelah bumbu matang, terlihat dari warnanya yang lebih gelap [gambar 3] masukkan 200 ml air, masukkan gula merah, garam dan penyedap [gambar 4]
Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri
  • Masak hingga air kembali menyusut, menjadi sambal yang pekat, cicipi rasanya, jika dirasa sudah pas matikan api, diamkan sebentar hingga uap panasnya hilang
Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri
  • Terakhir masukkan terong goreng, aduk perlahan hingga rata agar terong tidak mudah hancur, sajikan hangat bersama nasi putih, tahu, tempe atau ikan asin goreng/bakar
Sambel Goreng Terong Bumbu Kemiri

Semoga Bermanfaat;
  • Tips Agar minyak bekas gorengan terong tetap bersih, setelah dipotong- potong langsung masukkan dalam baskom berisi air
  • Tips Agar menggoreng terong dan menumis bumbu tidak menyerap minyak hingga menjadikan sambel goreng terong biasanya sangat berminyak maka  gunakan wajan datar anti lengket. Hasil gorengan terong tidak terlalu berminyak dan tidak perlu banyak minyak dalam menumis apalagi sebelum ditumis bumbunya juga sudah aku masak hingga airnya habis

Comments

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)