Lontong Praktis Tanpa Daun dan Plastik


lontong gampang dan sederhana
Lontong praktisno daun no plastik


Sungguh perjalanan panjang juga menemukan resep lontong yang simpel dan gampang banget ini. Dulu sekali bertahun-tahun yang lalu aku bikin lontong praktisnya pakai panci presto, pakai panci dalamannya, begitu nasi lembeknya mateng langsung ku padat-padatkan. Nah beberapa waktu lalu dapat resep yang lebih praktis lagi yaitu beras dibikin nasi lembek kemudian langsung ditransfer ke wadah dan langsung di padat-padatkan. Setelah dingin lontongnya jadi deh. Resepnya beredar di grup masak Langsung Enak dan grup masak ARKME dengan judul lontong magicom.

 Aku baca-baca sekilas dari yang sudah coba dan ternyata caranya sama seperti yang aku lakukan dulu, tapi yang lontong magicom ini lebih praktis karena bisa dimasak dimana saja, aku masaknya pakai panci biasa. Aku sangat antusias sama lontong macam begini karena bikinnya bisa dalam jumlah sedikit dan tentunya lebih hemat gas daripada bikin pakai plastik. Karena kadang aku pengen makan sesuatu dengan lontong tapi adanya hanya dipasar ditukang gado-gado, itu juga gak tau mereka mau jualin apa gak, heu...Ini resep pas banget neh buat lebaran secara dirumah orangnya cuma dikiiit, okeee ini resepnya ala aku ya..

lontong praktis tanpa dsun tsnps plastik

Lontong Praktis Tanpa Daun dan Plastik
Takaran yang digunakan gelas 200ml
Untuk 2 porsi

Bahan-bahan:
1 gelas beras (150 gr)
3-4 gelas air
Bisa ditambah garam dan daun pandan jika ingin lontongnya gurih dan wangi

Cara membuat:
  • Masak semua bahan-bahan dalam panci atau magicom hingga matang. Tekstur seperti bubur setengah jadi/nasi lembek
  • Panas-panas dari panci/magicom langsung transfer ke wadah plastik foodgrade seperti Tupperware/Lion star
  • Ratakan sambil sedikit ditekan-tekan dengan punggung sendok. Poses ini agak lama sekitar 5 menit. Nanti nasi-nasi yang masih utuh akan menjadi hancur dan menyatu terkena punggung sendok
  • Kemudian diamkan disuhu ruang hingga dingin sekitar 3 jam
  • Jika sudah benar-benar dingin lontong dalam toples akan memadat dan mudah dipotong-potong
  • Lontong toples juga bisa ditaruh dalam kulkas dalam kondisi toples tertutup
Tips: Memasak nasi cukup hingga menjadi nasi lembek, aku pernah menambah jumlah air yang terjadi malah lontongnya mudah hancur tidak padat


Comments

  1. Mantaff lontong nya bisa dicoba nie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nukar aja pak di smd banyak org bejual😂 klo disini bisa kada mau manjuali urang kalo nukar lontongnya za

      Delete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)