Bihun Kare Nyemek Pedas

bihun nyemek
Bihun Kare Pedas berkuah nyemek-nyemek (berkuah sedikit) ini adalah sarapan kami pada suatu pagi. Bikinnya prakitis banget tanpa ulek-ulek. Abinya lumayan suka bihun. Biasanya beli bihun-bihun yang banyak dijual disini pagi-pagi untuk sarapan. Bihunnya putihan saja, kering dengan taburan bawang goreng, seledri dan sedikit telur rebus. Beli 3 rebu saja sudah banyak. Aku kurang doyan. Kalau aku masak macam mie atau bihun pasti bikinnya yang berbumbu dan berasa banget  kayak gini. Aku juga pernah posting dengan bahan bihun sebelumnya tapi lebih seger. Namanya misoa kuah. Sebenarnya aku bingung juga ya bedanya misoa sama bihun. Ini aku pakai yang putih-putih kiloan itu, bukan bihun jagung. Ini kalau didiamkan akan kering menyerap air jadi sebaiknya langsung disantap.  okeehh ini resepnya..
bihun nyemek


Resep misoa kuah KLIK DISINI
Resep gorengan misoa KLIK DISINI

Bihun Kare Nyemek Pedas
Untuk 2 porsi

Bahan-Bahan:
100 gr bihun/misoa kering
500 ml air
1 sachet sambal terasi instan (aku pakai ABC)
3 sdm santan instan
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sdt merica bubuk
3 siung besar bawang putih, geprek, cincang halus
5 butir besar bawang merah, iris tipis
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk

Pelengkap:
telur rebus, jeruk nipis dan kerupuk (lagi kehabisan kerupuk 😢), pake sukro juga enak, heuheu..

Cara Membuat:
  • Panaskan 5 sdm minyak dalam wajan, goreng semua bawang merah, goreng hingga cokelat muda menjadi bawang goreng, angkat dan sisihkan
  • Dalam minyak bekas menggoreng bawang merah masukkan bawang putih cincang, ketumbar dan kunyit bubuk, tumis hingga wangi dan matang, tuang air dan sambel terasi, didihkan
  • Masukkan santan instan, aduk rata. Masukkan bihun, kaldu bubuk dan merica bubuk, masak hingga bihun matang. Cukup empuk tapi masih kenyal bertekstur. Jangan lupa cicipi rasanya.
  • Siap disajikan bersama pelengkap

Comments