Mie Goreng Sedap Sangat ya Mie Goreng Jawa

Mie goreng jawa super enak

Alhamdulillah.. setelah sekian lama bikin juga mie goreng jawa komplit sesuai resep. Sebenarnya mie gorengvjawa tuh simpel aja, bahan-bahannya juga kebanyakan selalu ada dirumah. Tapi kadang ga ada satu atau dua macem bahan kayak kemiri atau ayam. Jadi aku seringnya bikin versi kilat kemiri diganti santan instan dan pake telur aja tanpa sayur mayur juga. Nanti lah kuposting juga versi praktisnya yang tanpa ulek-ulek. 

Aku sering bikin mie-mie macam begini beraneka eksperimen bumbu. Walau tau mie goreng jawa dan ada resepnya dibuku resepku tapi ga pengen bikin. Tapi pas suatu hari liat di channel youtube ada seorang food tube super cantik yang bikin mie goreng jawa dan aku rada gak terima. Dia bikinnya cuma bawang putih, mie, kecap, garam dan lada. Loh... gak bisa kayak gitu dong.. itu memang mie goreng tapi gak pake jawa ya.. secara mie goreng jawa tuh  ada pakemnya.. cieee sejak kapan tau pakem mie jawa..wkwkwk..yah..seperti yang aku lihat-lihat resepnya dimana-mana. Bumbunya juga gak sesimpel osengan bawang putih doang. Akhirnya mie goreng jawa ini aku masukkan dalam list "harus bikin".
Ulekan bebas capek
Sekarang aku kalo ngulek pake lumpang mini, bebas pegel 😁



Sebenarnya aku sudah rada lupa sih mau bikin mie goreng jawa saking kelamaan tekad, wkwkwk.. tapi kemarin habis nonton youtube "indomie goreng challenge" aku ileran. Tapi antara pengen dan gak gitu makan mie instan. Males beli keluar sebenarnya, hihi akhirnta bongkar kulkas dan lemari dapur. Ahhaaaaa... bahan-bahan mie jawa kompliiitttt... langsung kusiapkan semua dengan sepenuh hati tanpa grasak grusuk kayak biasanya... hasilnya... syedaaaaffff

Mie goreng jawa paling sedap

Mie Goreng Jawa
Untuk 2 porsi

Bahan-bahan:
2 keping mie kering (200 gr) aku pakai ekomie, rebus 1/2 matang
Ayam suwir seadanya, maksudnya terserah mau banyak atau dikit
100 gr kol, iris tipis
1 batang bawang daun, iris tipis
2 butir telur, dibuat orak arik
250 ml air

Bumbu Halus
5 butir kemiri goreng + 5 siung bawang putih

Bumbu Lainnya:
5 butir bawang merah, iris tipis
5 sdm kecap manis
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt rata kunyit bubuk
1 sdt rata merica bubuk atau sesuai selera
1 sdt kaldu bubuk, aku pakai masako ayam
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
  • Panaskan 5 sdm minyak goreng, goreng bawang merah hingga kering menjadi bawang goreng, tiriskan
  • Diminyak sisa menggoreng bawang merah, masukan bumbu halus, kunyit bubuk dan ketumbar bubuk, tumis hingga wangi dan matang, masukkan kecap manis, aduk sebentar hingga kecap mendidih dan wangi
  • Masukkan air, kol, bawang daun, ayam suwir, telur orak arik, garam, merica dan kaldu bubuk, tutup wajan, masak hingga kol melayu
  • Masukkan mie, masak cepat dengan api besar hingga kuah menyusut, jangan lupa cicipi rasanya
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng. Kalau masih kurag meriah bisa ditambah kerupuk, peyek dan telur rebus, enjoooyyyy

Comments

  1. waduh! salah nih siang-siang buka blog ini... yawla enak semua teh hahaha

    ReplyDelete
  2. Mau enak beneran mah dibikin πŸ˜‚

    ReplyDelete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)