Resep Banana Cream Pie

Resep Banana Cream Pie
Berawal dari resep pai apel  (KLIK DISINI resepnya) yang enak dan gampang ituh aku jadi pengen pai-pai lainnya. kepikiran gimana kalau apelnya aku ganti pisang. Browsing deh di youtube dengan kata kunci banana pie. Yang keluar ternyata banana cream pie. Walaahhh sebagai penggemar pisang fanatik aku baru tau ada pai pisang setelah lebih dari 30 tahun hidup didunia fana inih?!!! 😢
 Resep Banana Cream Pie
Langsuuuung eksplore videonya.. tonton sebanyak mungkin cari benang merahnya. Setelah nonton beberapa videonya, manggut-manggut.. baru deh ku simpan video yang mau aku bikin resepnya. Tapi seperti biasa euforia menguap entah kenapa dan video itu ngendon di yutub offline berbulan-bulan 😆


Pas suatu hari semua bahan komplit gak bisa lagi menghindar. Aku harussss keluar dari zona nyaman dan coba bikin yang lebih ribet (ternyata gak ribet sama sekali) dan berkelas selain daripada bolu kukus dan gorengan. Kulit pai nya bisa pakai resep mana aja ya... aku pakai yang cepet aja yaitu kulit pai ala Jenny Jones yang buat resep pai apel dulu. Bahannya cuma tepung, susu dan minyak.


Bahan kulit:
Aku pakai loyang pie bongkar pasang diameter 20 cm tinggi 3 cm. Terus terang ini kekecilan ya jadi kulitnya nyisa dikit. Kulit sisanya aku gilas aku isi pisang dan meses terus dioven, ala-ala bolen gituh, wkwkwk.. Jadi saran aku kalau mau pakai resep kulit ini pakai loyang gedean dikit, misalnya lebih tinggi gituh..
Resep kulit pai (oil base pie crust):
Panaskan oven

Aduk rata 250 gr terigu+3 sdm gula bubuk+½ sdt garam kemudian tuangkan 100 ml minyak dan 100 ml susu cair tawar. Aduk rata dengan garpu, kemudian gumpal-gumpalkan hingga menyatu, jangan diuleni. Aku pakai minyak goreng biasa yess.. bisa banget kalau pakai minyak-minyak elite macam canola atau zaitun.

Siapkan loyang pie nya.  Olesi sedikit minyak. Gilas adonan kulit pie diantara 2 plastik. Taroh di loyang, ratakan, yang bolong-bolong bisa ditambal. Tusuk-tusuk dasar kulit pai dengan garpuh. Tindih atasnya dengan biji-bijian atau kacang-kacangan.. karena gak punya aku lapisin aja pakai kertas terus kasih beras, it works 😝. Fungsi ditindih kacangan/bijian itu supaya kulitnya gak naik-naik ke atas /menggelembung. Aku lapisin kertas sebelum beras karena beras itu kcil-kecil jadi takut pas mateng jadi sangat menempel ke kulit painya dan susah dipisahkan.

Oven deh sampai warnanya cokelat muda. Setelah mateng keluarkan berasnya.. jangan dibuang, masih bisa dimasak😅
 kulit pie praktis dan cepat

Catatan Penting:
Resep isi pai pisang ini aku ambil  resepnya dari allrecipes.com dengan penyesuaian secara resep bule biasanya takaran gulanya gambreng-gambreng. Heran deh, apa gula disana emang gak manis yah.. Belum lagi ditambah pisang yang melimpah pastinya manis kuadrat-kuadrat. Jadi aku sesuaikan supaya rasanya sedang dan bisa dinikmati, manis tapi terasa gurihnya.

Tips lainnya pakailah pisang yang ada asem-asemnya kayak pisang susu. Bukan yang manis 100% kayak pisang ambon. Nanti rasanya jadi mantap karena perpaduan manis, seger dan creamy. Tapi gak masalah juga kalau suka pisang ambon.

Adonan susu/cream yang pakai maizena lebih kental mirip adonan sus daripada yang pakai terigu. Aku lihat di youtube yang pakai terigu lebih mudah dituang.

Putih telur sisa bikin adonan cream nya jangan dibuang ya. Bisa dibikin kukis endes klik resep Brownie Cookie

Bahan isi Banana Cream Pie
takaranku pakai gelas volume 200 ml. Kalau pakai loyang pie lebih besar dari punyaku bisa pakai gelas yang 250 ml
  1. 3/4 gelas gula (aku 1/3 gelas saja sudah manis.. bahkan besok-besok kalau bikin lagi paling aku pakai 2 sdm sajah)
  2. 1/3 gelas terigu, atau bisa pakai 3 sdm maizena, aku pakai 2 sdm maizena+1 sdm tp beras
  3. 1/2 sdt garam
  4. 400 ml susu cair (aku bikin dari 5 sdm susu bubuk fullcream+air hangat)
  5. 3 kuning telur, dikocok dalam mangkok (putihnya jangan dibuang, bisa dibikin Brownie Cookie)
  6. 2 sdm butter, kalau pakai margarin pilih yang kualitas bagus. Aku pakai bluben cake and cookie
  7. 1/2 sdt vanili bubuk, aku pakai 1 vanili bulat
  8. 4 buah pisang, 4 biji pisang susu
  9.  
  10. Cara Membuat:
  • Dalam panci kecil, masukkan gula, tepung, vanili dan garam, tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga larut

  • Taruh panci diatas api, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk, kecilkan api. Kocok kuning telur didalam mangkok dengan garpu, ambil 1 sendokk sayur adonan susu panas, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam kuning telur sambil diaduk cepat dengan garpu, beri 1 sendok sayur lagi. Kemudian masukkan campuran kuning telur+adonan susu tadi ke dalam panci adonan susu, aduk rata dan biarkan mendidih/meletup-letup lagi, masukkan butter/margarin, aduk lagi sekitar 1 menit supaya benar-benar tanak 

    resep banana cream pie
  • Potong-potong pisang sekitar 1/2 cm, tata rata didalam kulit pie, jangan terlalu penuh ya. Masukkan adonan susu kedalam kulit pai berisikan pisang sambil dirata-ratakan, kalau perlu agak di banting-banting pelan supaya rata. Segera masukkan dalam oven panas dan panggang dengan api besar kurang lebih 30 menit
  • Keluarkan dari oven, biarkan disuhu ruang hingga hangat, terus masukkan dalam kulkas sekitar 1 jam. Karena cream pie ini enaknya dimakan pas dingin dan agi supaya creamnya benar-benar solid jadi cantik pas dipotong
Resep Banana Cream Pie
Kue-kue macam pie ini adalah kue yang butuh kesabaran yah.. mulai dari bikin dan sesudah mateng pun gak bisa langsung dimakan. Jadi persiapkan kesabaran level 7 sebelum membuatnya😆
Resep Banana Cream Pie
aku topping selai stroberi biar lebih seger


Comments