Cake 1 Telur Empuk dan Moist

Cake 1 Telur Empuk dan Moist

Resep asli dari "Funfetti Birthday Cake" nya Gemma Stafford. Tertarik sama resep ini karena selain telurnya cuma 2 (Kalau pake resep penuh) dia juga pakai buttermilk, yang mana buttermilk ini sudah lazim digunakan di resep-resep bule buat bikin tekstue cake menjadi lebih lembab.

Cake 1 Telur Empuk dan Moist
Tekstur cakenya cakeppp.. gak berat kayak buttercake dan gak ringan kayak sponge cake.. ada ditengah-tengah gituh.. enak deh pokonya.. aslinya sih pakai buttercream dihias gitu karena judulnya kan birthday cake tapi aku mualeess dan emang ga terlalu doyan buttercream sih.. lagian pas di tbk deket sini nemu glaze cokelat yang rasanya enaakk banget. 1/2 Kg harganya 20 rb sudah dibungkusin plastik gula gitu. Rasanya persis kayak dcc merk colatta yang dilelehkan. Glaze ini kalau ditaruh dikulkas juga membeku loh..  aku jadi ingat sama roti gembong yang lagi hitss di Samarinda. Itu pakai olesan cokelat leleh yang enak dan aku yakin banget yang dipakai pasti glaze ini.. oke kita cuss resep..

Cake 1 Telur Empuk dan Moist

Cake 1 Telur Empuk dan Moist
Diadaptasi dari resep "funfetti birthday cake Gemma Stafford"
(1/2 Resep)
www.tehninit.com

Bahan Kering:
250 gr terigu
1/2 sdt baking powder (aku pakai double acting, kalau pakai yg biasa 1 sdt)
1/4 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 sdt vanili bubuk
150 gr gula pasir berbutir halus

Bahan Basah:
250 ml (1 gelas belimbing) buttermilk. Yaitu 1 gelas susu diberi 1 sampai 2 sdm air jeruk nipis atau lemon, diamkan sementara menyiapkan bahan lain. Nanti susunya akan mengental dan pecah
120 gr mentega dicairkan (aku 90 gr margarin + 30 gr mentega)
1 telur

Topping: 
Cokelat glaze instan
Sprinkle warna warni
Cake 1 Telur Empuk dan Moist
Cara Membuat:

Panaskan oven

Siapkan loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm atau yg setara. Olesi minyak dan alasi kertas roti

Campur semua bahan kering dalam mangkok adonan besar, ayak jika tepung atau baking powder/soda kue ada yg menggumpal

Campur dan aduk rata semua bahan basah. Tuang bahan basah ke bahan kering sambil diaduk ringan hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk karena bisa bantat

Segera masukkan dalam loyang dan oven hingga matang

Jika sudah matang dan dingin beri glaze dan taburi sprinkle



Comments

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)