Cake Chiffon Pandan Santan dan Cerita Ikutan Giveaway

Chiffon cake pandan santan tintin rayner

Bismillah...
Lamanyaaaaa gak posting... dari pertengahan puasa tuh akuh mudik ke Banjar.. yang spesial karena dari Banjarbaru lanjut mudik ke Tasikmalaya, disposnsorin bokap.. makaciiii ayaaahhh bundaaa.. ๐Ÿ˜˜ gak nyangka bisa mudik ke Tasik bawa anak-anak, bagaikan mimpi๐Ÿ˜ญ. Selama disana sangat berkesan dari mulai perjalanan yang ditempuh sampai kunjungan-kunjungan kemana-mana. Cerita liburannya aku update si IG. 

Chiffon cake pandan santan tintin rayner

Balik ke resep *chiffon pandan* ini adalah baking pertama yang aku bikin sejak balik dari mudik 13 juli lalu. Waktu itu gak ada semangat baking karena males kalo gak ada yang makan. Sejak ada microwave kalau pingin makanan manis aku bikin saja mug meal kan enak pas 1 porsi. Gak lama di IG si cici tjantik Tintin Rayner bikin pengumuman giveaway ke 4. Langsung cemumud donk ah.. secara hadiahnya gemesin banget.. aku ngincer hadiah kedua (untuk kategori umum) yaitu stand mikser signora grande 500 gr tepung.. amiinn ya Rabb.. makanya ngerjain resep ini seeeuuurieuuussss beuuuuddddhh... mulai dari belanja bahan, siapin bahan, baking sampe foto-fotonya kukerahkan semuaaahhh panca indera yg kupunyah.. grande oh grande๐Ÿ’ช

Pas juga nyobain loyang chiffon yang dibeli seabad yang lalu agar sesuai dengan fungsinya.. lah selama ini loyang tersebut malah aku fungsikan untuk bikin roti sobek๐Ÿ˜ข. Syarat dari lombanya yaitu bikin chiffon cake atau bolgul dari resep beliau. Aku pilih chiffon pandan. Emang gak nyesel enaaakkkk bangaaaattt... parah enaknyah.. yang suka santan merafaaaaattt.. ini untukmuhh.. ๐Ÿ˜‚ aku jatuh cinta banget sama rasa dan tekstur chiffon pandan ini karena rasa santannya yang pas banget berpadu aroma pandan. Ya eyyalah.. pandan dan santan itu meant to be together kan๐Ÿ˜Š.

Dibalik foto chiffon pandan santan yang ketjeh inih adalah terabadikan kisah baking yang hebooohhh... yah..karena ternyata loyangnya bocorrr.. merembes gituh.. begini kisah selengkapnya *memandang ke atas*
Chiffon cake pandan santan tintin rayner
Jadi kali ini aku berusaha menjadi emak solehah ikutin plek apa kata resep no modif-modif manjah sehingga adonan mentah pun terlihat sempurna. Masuk loyang lemparkan ke oven listrik..looks perfect.. 10 menit kmudian cek..wakzz adonanx mrembes kedasar oven ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

Panik langsung naikin otang ke kompor, bingung karena rak tengahnya rusak jd kpikiran pasang raknya dipaling bawah trus lapisin lagi sama loyang kuker, panasin api max bentar trus pindahin chiffon ke otang.. hbs cuci piring cek..hwaaa otang berasap langsung kecilin oven, berharap ga gosong. Setelah 10 menit kepikiran kuenya di rak paling bawah ntar atasnya ga mateng, taro rak atas ga muat loyangx tinggi. Akhirnya nyalain otrik lagi dgn harapan si chiffon dah mengeras bawahx jadi aman dipindah ke otrik. Setelah 10 menit otrik panas cek otang..hmmm kayaknya baik2 aja.. yaudah gajadi matiin lagi otriknya. Wkwkwkwkwkwk.. ๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’

Setelah lama menunggu akhirnya mateng, baru ketahuan ternyata yg berasap itu ada adonan yg merembes jadi dia gosong, alhamdulillah dalamnya selamat..fiuhhh. kalo gak bisa depresiii๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ setelah mateng aku taburi kenari panggang, dried cranberry dan dimakan pakai cokelat glaze (beli jadji ditoko kue) wish me luck..tapi skrg pun sebenarnya aku dah berasa lucky karena berhasil keluar dr zona boring.. makasi ce Tin resepnyaa ๐Ÿ˜˜
Chiffon cake pandan santan tintin rayner

Cake Chiffon Pandan Santan
resep by Tintin Rayner

Bahan A:
7 Butir Kuning Telur 
120 gr Santan Kental Instant, aku pakai Kara 
80 gr Minyak goreng
140 gr Tepung Kunci 
1- 1.5 sdt Pasta Pandan yang enak-->aku pakai morison banyak diwarung xixi

Bahan B:
7 Butir Putih Telur 
140 gr Gula Pasir 
1 sdm Air Jeruk nipis atau lemon
1/4 sdt Garam halus--> aku 1/2 sdt

Cara Membuat:
  1. Bahan A: Kocok lepas Kuning telur pake whisk sekitar 1 menit ,masukkan santan,minyak dan pasta pandan, aduk rata 
  2. Masukkan Tepung,aduk rata,sisihkan 
  3. Bahan B: Mixer putel+air nipis+garam sampe mulai berbusa,masukkan gula 3x bertahap sampe mengembang stiff peak 
  4. Masukkan kocokan putel bertahap ke pasta terigu menggunakan SPATULA (aku pakai centong nasi) dengan teknik aduk lipat supaya ndak turun adonannya. 
  5. Tuang dalam loyang chiffon tanpa dioles apapun..
  6. Panggang 55 menit 160 derajat 
  7. Tangkupkan dileher botol sampai suhu ruang baru keluarkan dari loyang dengan cara disisir pisau sekelilingnya

Comments

  1. Iya, mba. Lama banget nggak ngeblog.

    Wuih...., seru banget ceritanya, mba. Sangat menghibur diriku ini. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih mbak baru mulai lagi stelah ngumpulin dan ngedit foto2 waktu bebikinan..๐Ÿ˜

      Delete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)