Muffin Pisang Oatmeal Tanpa Gula

Muffin Pisang Oatmeal
Muffin Pisang Oatmel- Kue ini enaaaaakk banget. Gak nyangka oatmeal dan pisang bisa enak banget gini dibikin muffin. Teksturnya emphuk banget loh dan okenya lagi resep ini no gula samsek jadi lebih sehat. Manisnya hanya mengandalkan pisang saja. Sebelumnya kan aku rada bingung karena dikulkas masih ada 1/2 bungkus besar quaker oat biru dan satu toples pisang raja yang manis banget. Sedangkan sejak aku mengikuti pola makan ketogenik aku gak bisa sentuh oat karena karbonya yang lumayan tinggi.

Tapi oat dan pisang kan bergizi, wkwkwkwk... sebenarnya daripada sayang aja sih makanan sebergizi oat dan pisang masa dibuang. Dikasihkan orang juga belum tentu mau karena gak semua orang familiar dengan oat. Pisangnya sendiri sudah beberapa minggu ada dalam kontainer dalam keadaan sudah tak berkulit.

Yasudahlah nekad saja aku bikin dengan niat eksperimen juga. Lagipula boleh juga khan aku icip-icip barang sebiji. Tapi eh tapi ternyata kemarin aku habis 4πŸ˜‚πŸ˜“πŸ˜­. Tadinya aku browsing-browsing kok rata-rata masih pakai campuran terigu. Ada nemu satu yang pake 100% oat tapi kok takarannya ribet. Yasudah lah seperti biasa pakai ilmu kebatinan dan alhamdulillah kali ini goaaall, sukses beraaatt.
Muffin Pisang Oatmeal

Muffin Pisang Oatmeal
hasil 16 buah muffin mini 
 
Bahan-bahan:
200gr oatmeal quick cooking/instan, haluskan dengan blender kering hingga jadi tepung kemudian campur dengan 2 sdt sedang baking powder (aku pakai double acting)
400 gr pisang raja matang dan manis, haluskan dengan garpu, jangan pakai blender
100 gr butter, cairkan --- aku pakai anchor
2 butir telur
1/2 sdt garam
Ekstra pisang untuk topping
Muffin Pisang Oatmeal

Cara Membuat:
  • Panaskan oven
  • Olesi loyang muffin kecil-kecil, muffin biasa atau pun loyang loaf dengan minyak hingga rata
  • kocok telur dan garam hingga lepas, masukkan butter, pisang halus dan oatmeal, aduk rata
  • Masukkan dalam cetakan. Aku masukkan dalam cetakan muffin kecil-kecil isi 16, pas diisi sampai penuh
  • Beri topping pisang atau sesuai selera
  • Oven hingga matang
Tips:
  • Gunakan pisang yang sudah matang dan manis tapi tidak berair banyak alias gak lembek. Aku pakai pisang raja
  • Setelah adonan jadi cicipi saja, silahkan tambah gula sesuai selera jika kurang manis. Kalau bagiku ini sudah pas ya karena memang gak terlalu doyan manis dan menghindari gula juga.

Comments