Cake Wortel




Sebenarnya sudah sering membuat  cake wortel alias carrot cake ini, Tapi biasanya aku membuatnya versi gluten free alias selalu pakai tepung beras. Waktu di awal - awal sih berhasil tapi anehnya ketika membuat lagi lagi dan lagi malah gagal. Teksturnya tidak pas. Padahal resepnya itu-itu saja dan baking powdernya pun juga itu-itu saja dan kugunakan untuk olahan lain baik-baik saja.

Aku suka warnanya yang cantik alami

Akhirnya aku berpikir ingin membuat  cake wortel yang biasa saja dulu, alias dari tepung terigu. Nanti kalau oke baru dikembangkan ke versi gluten free. Kemarin memang aku niatkan bikin. Wortel dan terigu sudah ada. Tapi waduh.. telur tinggal sebutir. Malas lagi jika harus keluar membeli telur. Kemudian aku berpikir kan wortel sudah banyak airnya, biarin deh coba aja :D

Alhamduliilah jadi cake wortelnya. Hasilnya sesuai harapan dan bayanganku selama ini. Teksturnya bagus, spongi, dengan bahan yang minimalis dan proses yang praktis. Kue ini sengaja kubuat minimalis karena baru percobaan teman-teman. Jadikan kalau gagal gak sampai nangis guling-guling =D



Adonan yang dihasilkan sangat padat dan pekat. Mirip tekstur adonan Muffin. Aku sempat khawatir dan ingin menambahkan  santan. Untungnya tidak jadi dan waktu kucolek adonan mentahnya, hmm enak dan gurih lo :D

Tengahnya bolong karena aku
 berlebihan tes tusuk :D


Cake Wortel

Untuk 1 loyang bulat diameter 16 cm
Cup yang digunakan adalah gelas bervolune 200 ml

Bahan A: Diayak
2 cup terigu + 1 sdt baking powder ( jika ada gunakan BPDA)

Bahan B: diblender halus
200 gr wortel, bersihkan, potong kecil-kecil
1 butir  telur
5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
75 ml minyak goreng

Taburan: 1 genggam kismis

Cara Membuat:


  • Panaskan oven/panci panggangan
  • Campurkan bahan B yang sudah diblender halus ke bahan A. Aduk rata ( jangan mengaduk berlebihan
  • Masukkan adonan dalam loyang yabg telah dioles minyak goreng, taburi kismis
  • Panggang selama 25 menit


Noted:
Cake ini  sengaja saya buat tidak terlalu manis. Jika suka rasa manis yang normal tambahkan saya gulanya 1-2 sdm

Comments