Ikan Asin Peda Masak Asam Pedas

ikan-kering-masak-asam

Ikan asin masak asam pedas ini di kampungku daerah Banjarmasin dan sekitarnya sangat familiar. Bisa dibilang ini salah satu menu masakan harian disana. Di Banjar biasa disebut masak asam. Ikan asin yang digunakan umumnya ikan asin telang. Itu lo ikannya besar dan berdaging tebal. Harganya sekarang juga lumayan mahal dan aku gak tahu itu terbuat dari ikan apa. Pokoknya telang masak asam itu salah satu menu khas favorit orang banjar. Pernah waktu aku masih nyantri di DT mamaku kirimin aku satu toples telang masak asam dari Banjarbaru, Wahh enaaaakkk bangeeeetttsss... teman-temanku yanang sunda juga suka.

Aslinya resep ini berkuah ya. Dengan irisan bawang, cabe, bisa juga ditambah tomat yang buannnyaaaaaaakkkk... Ikannya biasanya digoreng dulu. Dulu pernah waktu masih kos di Banjarmasin menginap di kost teman pas bulan puasa. Pas sahur ternyata teman tersebut kehabisan minyak goreng. Padahal kita sudah rencana bikin masak asam. Kata teman tersebut tenang saja. Akhirnya masakannya jadi. Ikannya dimasak tanpa digoreng. Pas dimakan yaikkzzzzz... amiiissssss...xixixixi.. Aku cuman makan sedikit saja. Mungkin harusnya ikan asin ini walau tidak digoreng paling tidak dikukus atau dibakar dulu ya supaya tidak amis.

Nah, karena kemarin aku habis masak Nasi liwet peda dan pedanya gak habis. Langsung kepikiran di masak asam saja supaya lebih nyuzzzzz.. Kemarin  itu kelupaan lagi masak jadinya kuahnya mengering. Harusnya ada kuahnya :D.

iwak-karing-masak-asam

Baca juga  asam manis cumi asin dan tahu

Ikan Asin Peda Masak Asam Pedas

Bahan:
1 ekor ikan asin peda, potong sesuai selera, goreng ~ aku pakai yang sudah dikukus pas bikin nasi liwet

Bumbu iris:
5 buah cabai ijo
1 buah cabai merah ~ sebagai pemanis saja :D
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Kalau suka bisa tambah irisan tomat juga

Bumbu lainnya:2 sdm gula merah sisir
air asam jawa sesuai selera asam
1/2 sdt kaldu bubuk
garam secukupnya jika dirasa kurang asin

Cara Membuat:
  1. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu iris sampai wangi dan matang
  2. Tuang air dan bumbu lainnya, didihkan, masukkan ikan asinnya. Didihkan lagi beberapa menit dengan api kecil saja supaya ikan asinnya menyatu dengan bumbu.
  3. Cicipi rasanya, sesuaikan, angkat, ngileeerrr...

Comments