No Bake Brownies - Brownies Tanpa di Masak

brownies-mentah

Ide bikin no bake brownies alias brownies tanpa dimasak muncul waktu aku lagi getol-getolnya nonton video masak orang barat. Kayak bu Jenny Jones, Melissa Randall, Ella Woodward dan kawan-kawan.

brownies-tanoa-dimasak

Waktu ku ingat-ingat lagi sebenarnya aku sudah sering bikin yang sejenis ini jaman dahulu. Cuma dulu bahan utamanya biskuit marie. Namanya pun kita semua pasti sudah familiar. Biasanya kalo googling namanya bola-bola cokelat biskuit marie :D.

Aku ingat waktu masih kuliah di Banjarmasin. Teman dekatku waktu itu, namanya Bayu Widia Tuti bawa info soal bola cokelat marie. Katanya dia nonton di salah satu stasiun televisi. Kata bayu bahannya biskuit marie dihancurkan, beri selai nanas sama susu kental manis putih sebagai perekat. Digumpal-gumpalkan sampai bisa dibentuk bulat-bulat. Kemudian dicelupkan dalam cokelat blok yang sudah dilelehkan. Ilmu yang sangat berharga ini sista,,makasih loh,,masih kepake sampe sekarang :D

Pas pulang mudik weekend aku langsung praktek dan terus sering praktek. Lama-lama semua kue sisa ku jadikan bola cokelat ini, salah satunya brownies sisa. Kuhancurkan dan campur dengan semua adonan biskuit marie. Lumayan kan jadi gak kebuang.

Kali ini aku buat dalam bentuk kotak-kotak supaya mirip sama brownies asli. Bahannya ku modifikasi supaya lebih sehat dan gluten free. Kalau malas mencetaknya bisa kok langsung dipulung bulat-bulat.

Bahan tambahan: 
bebas saja. Bisa ditambah cokelat chip, kismis maupun kacang. Kalau bentuknya bulat supaya lebih cantik bisa dicelup ke cokelat blok leleh kemudian bisa digulingkan lagi ke cincangan kacang/meses. Wesss..suka-suka sajalah..

Inti dari kue ini adalah mencampur bahan basah dengan bahan kering hingga menjadi adonan yang bisa dipulung. Sudah itu saja.. Tinggal sesuaikan rasa manisnya sesuai selera dan bisa berkreasi mau di tambahin apa saja. Tapi begini saja sudah enak banget kok.. Ini resepnya iseng kubikin dalam bentuk gambar :D

how-to-make-no-bake-brownies

Comments