Tahu Aci, Makanan Sederhana Dan Ngangenin

tahu-aci-enak

Tahu aci nih temans.. enak bangeeeetttsss... Apalagi yang memang maniak gorengan. Pas banget kenyal kriuk gurih gak berasa sepiring habis sendiri, xixixi... Setelah browsing sana sini akhirnya aku nyontek resep mbak Ricke ordinary kitchen. Makasih ya mbak resepnya yang oke.. Makan tahu aci ini seperti makan batagor tapi tanpa ikan :D. Dimakan sama kuah pempek kayaknya maknyus ya.. sayang aku belum sempat coba.
Mbak ricke pakai tahu kulit segitiga. Kalau aku pakai tahu putih mentah biasa yang sudah kurebus. Terus takarannya juga aku sembarang. Yang penting adonannya cukup padatnya untuk ditempelkan ke tahu. Mbak Ricke juga kasih resep sambalnya tapi aku gak sabar jadi langsung saja dimakan sama sambel botol :D. Oleh karena itu resepnya aku kopaskan saja ya, hehehe... oia kalau mau lebih jelas mending langsung ke websitenya mbak Ricke saja karena disana gambarnya cantik-cantik.

Tahu Aci, Makanan Sederhana dan Ngangenin
Sumber: Tahu Aci Khas Tegal Ricke Ordinary Kitchen

Bahan:
15-20 buah tahu kuning ukuran kecil satuan, dibelah melintang diagonal membentuk segitiga (hasil jadi 30-40 buah) 
*bila tahunya tawar, bisa diberi sedikit garam dan merica bubuk lalu diamkan sebentar agar meresap, siap dipakai
2 buah tahu kuning/putih kecil ukuran kecil, haluskan 
150 gram aci/tapioka/sagu tani
50 gram terigu protein sedang/all purpose ~ aku gak pakai terigu
5 siung bawang putih, haluskan
1,5 sdt garam ~ aku tambah 1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
50 ml air
4 batang daun bawang kecil atau daun kucai, iris halus
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
  • Campur tahu kuning/putih yang dihaluskan, tepung aci/tapioka/sagu tani dan terigu. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  • Campur air, bawang putih halus, garam, merica bubuk dan gula pasir. Panaskan di atas kompor hingga mendidih pertama kali.
  • Tuang campuran air mendidih ini ke campuran tahu dan tepung tadi. Aduk rata dengan sendok hingga membentuk adonan yang lembek. Adonan bertekstur lembek dan mudah disendokkan, tapi tidak terlalu cair/runny dan juga tidak kering seperti adonan cireng. Bila dirasa masih terlalu kering, bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit karena kelembekan adonan juga tergantung kadar air dari tahu yang dipakai.
  • Tambahkan daun bawang atau daun kucai, aduk rata.
  • Tempelkan adonan aci pada tahu yang telah disiapkan. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panaskan minyak goreng yang banyak dengan api sedang, goreng tahu aci hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap.

Comments