Bubur Candil Enak dan Sehat



bubur_candil_ketan_enak_praktis

Mau bikin kolak biji salak aja ribet banget deh aku. Padahal sudah browsing sana-sini. Eh ketemu sama bubur candil ini. Langsung jatuh cinta karena bahannya semua ada dirumah dan sedikit juga, Jadi cocok buat percobaan. Tips dari mbak diah didi juga okeh..

Sekali coba aku langsung berhasil san ini sudah ketiga kalinya aku bikin. Sukaaa benget. Bikinnya juga cepat. Cocok banget buat persiapan ramadhan 2015 ntar. Secara aku suka bingung juga mau siapin takjil apa. Kan gak seru aja masa buka puasa ujug-ujug makan nasi. Biasanya aku beli akhirnya..

Sejak diet gluten aku sekarang jadi suka berburu resep kue tradisional.  Memang cake pun sudah bisa kubuat gluten free. Tapi bosan juga ya makan cake terus. Sementara banyak sekali jajanan tradisional yang belum ku eksplor. Jajanan tradisional banyak yang gluten free dan oil free. Tinggal kita sesuaikan saja jumlah gulanya. 

Yang paling kusuka dari jajanan tradisional adalah penggunaaan santan. Aku ngefans banget sama santan segar. Menurutku masih aman ya asal kita pakenya jangan kental dan jangan dimasak lama sampai jadi minyak gitu. Bagusnya lagi kalau bisa kita konsumsi mentah. Misal kalau buat cendol/bubur candil begini santannya gak usah dididihkan, cukup dipanaskan saja. Itu ku dapat dari pak Wied Harry. Dan emang benar. Santan mentah tuh hmmmm...wenaaakkk...pernah mamaku bikin cendol dari gula merah asli dari Tasik plus santan mentah. Wah gak berenti minum aku. Gurihnya beda..

Aku contek resep ini plek ya..cuma saus santannya saja aku pakai santan mentah dan encer. Jumlahnya juga kubanyakin. Soalnya aku suka berkuah banyak. Apalagi kalau buburnya sudah memadat. Asik banget di sruput pakai kuah santannya.

Bubur Candil Ketan, Enak dan Sehat

Bahan bola-bola ketan:
100 gram tepung ketan
1 sendok makan tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air panas, ga perlu mendidih ( secukupnya sampai adonan agak lembek tapi masih bisa di pulung )

Bahan kuah untuk merebus:
100 ml sirup gula merah atau gula merah sesuai selera manis (aku:50 gr gula merah)
500 ml air

Bahan larutan untuk bubur/pengental kuah:
3 sendok makan tepung ketan
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung taioka

Campur semua bahan dan tambahkan sedikit air hingga larut.

Kuah santan:
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa ( aku: 400 ml santan agak encer)
1/4 sendok teh garam (aku 1/2 sdt)
1 lembar daun pandan

Rebus kuah santan hingga mendidih bersama garam dan daun pandan.

Cara membuat:
Bola-bola ketan: Campur tepung ketan dan tepung tapioka bahan candil, tuangi air panas secukupnya, sampai agak lembek, tapi masih bisa di pulung.

Masak kuah gula merah hingga mendidih, masukkan bola  bola candil.

Masak hingga bola bola mengapung, dan masak terus hingga warna bola-bola berubah kecoklatan. 

Masukkan larutan tepung dan aduk terus sampai kental dan meletup-letup. Jika kurang kental, boleh di tambah sedikit tepung ketan lagi. Tapi di cairkan dulu dan di aduk lagi sampai masak dan kental.

Sajikan dengan kuah santan

Comments

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)