Sayur Santan Tempe Tauco

tumis-tempe-santan-tauco

Sudah teramat sangat lama penasaran sama tauco ini. Baca diresep-resep kayaknya kok menggoda sekali. Tapi setiap aku jalan ke Samarinda selalu lupa cari. Eh pas kapan hari ke toko Fajar Falah (satu-satunya toserba komplit di Muara Badak) ada tauco merk Kokita. Langsung ambil satu. Aku lupa pertama dulu ku masak apa ya..pokoknya sudah beberapa kali ku pakai masak. Kesimpulannya, aku suka bangeeettt.. Rupanya tauco ini sejenis terasi. Bikin masakan punya wangi khas nan sweedep. Menurut hasil browsing yang terkenal itu tauco medan. Hmmm..jadi senapsaran.

Sudah beberapa minggu absen jadi pengen masak ber tauco lagi. Pas di kulkas juga lagi banyak sisa cabe ijo dan tomat ijo pemberian mama Arya. Langsung aku masak semua. Karena yang ada hanya tempe ya tempe saja yang dimasak. Ini sayur praktis kok temans. Semua bumbu cukup diiris tipis saja. Pokoknya seddeeeppp.. bagi yang doyan tentunya, heheheh.. Sayur ini kebanyakan ku makan sambil digadoin saja, perasaanku enak banget sambil nyeruput-sruput kuahnya :D.


tempe-santan-tauco-cabe-ijo

Sayur Santan Tempe Tauco
Bahan:
2 bungkus (240 gr) tempe, potong kecil-kecil
4 sdm tauco (sesuai selera)
500 ml santan encer
1 sdm gula merah sisir
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu Iris:
8 cabai hijau (60 gr)
7 tomat hijau kecil (100 gr)
3 siung besar bawang putih
3 butir besar bawang merah

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1 sdt minyak. Dengan api kecil tumis bumbu iris hingga agak layu
  2. Masukkan tempe, tumis terus hingga tempe setengah matang
  3. Masukkan tauco, aduk rata
  4. Tuang santan, gula, garam dan kaldu bubuk, didihkan
  5. Setelah mendidih kecilkan api, tutup dan masak sekitar 10/15 menit dengan keciiilll , nanti akan keluar aroma matang yang sedaaaapppp, kuah agak menyusut dan bumbu meresap

Comments

  1. All these numbers are so useful.I think these numbers would be great help for affordable academized.com reviews.Thanks for sharing such informative yet useful data with your readers.

    ReplyDelete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)