Fudgy Brownies (Gluten Free, Butter Free, No Mixer)

brownies tepung beras legit fudgy
 Alhamdulillah lusa berhasil eksperimen brownies yang fudgy tapi sesuai keinginan. Yaitu gluten free, no mixer dan pakai seminimal mungkin lemak. Resepnya terinspirasi Dari brownies fudgy konvensional yang aku bikin beebrapa bulan lalu yaitu The fudgy brownies.
gluten free fudgy brownies
 Pas aku nulis posting ini dan saat buka resep the fudgy brownies aku kaget karena ternyata aku ada nulis ini. Planningku buat eksperimen berikutnya. Ini Ku kutip dari postingan tersebut:




  • Aku ingin mencoba sesuai resep asli yaitu cokelat bloknya 200 gr
  • Aku ingin membuatnya lebih praktis dengan tanpa mixer
  • Aku ingin membuatnya dengan versi gluten free
  • Aku ingin membuatnya lebih sehat tanpa margarin dengan lemak trans


  • Masya Allah ternyata resep ini hasil daripada rencana ini. Padahal aku sudah lupa. Untuk rasa nyoklat sekali dan agak pahit. Yang kurang maniak cokelat mungkin ini berlebihan. Saran aku jika suka rasa cokelat yang biasa-biasa saja sebaiknya cokelat bubuknya di tiadakan atau pakai 1 sdm saja sekadar penguat.

    Walaupun hanya pakai minyak sebanyak 50 ml tetap fudgy kayaknya pengaruh cokelat blok kan memang sudah banyak mengandung lemak. Aku gak bisa berkata-kata lagi deh cukuplah gambarnya mewakili. Yang jelas suamiku yang picky eater doyan :D

    gluten free fudgy brownies

    Ini resepnya ya.. Perhatian jika tidak suka baking powder bisa dihilangkan. Supaya tidak terlalu padat kocok saja gula, telur Dan garamnya cukup sampai kental.

    Gluten Free Fudgy Brownies

    Bahan Kering:
    50 gr tepung beras
    20 gr cokelat bubuk (hilangkan saja jika kurang suka dengan rasa cokelat yang terlalu medok, sudah aku coba Tampa cokelat bubuk dan rasanya tetap  lezat dan nyokelat)
    1/3 sdt baking powder

    Bahan Basah:
    2 butir telur
    100 gr gula pasir
    1/2 sdt garam
    200 gr cokelat blok di Tim hingga leleh
    50 ml minyak goreng

    Cara Membuat:

    1. Panaskan oven dengan api besar, olesi Loyang 10x30x4 dengan sedikit minyak goreng
    2. Bahan basah: kocok telur, gula dan garam menggunakan whisker/garpu hingga gula larut. Tuang cokelat blok leleh yang sudah hangat dan minyak ke dalam kocokan telur, aduk rata
    3. Tuang bahan basah ke dalam bahan kering sambil di aduk rata
    4. Oven dengan api besar selama 15 menit. Diamkan kurang lebih 15 menit sebelum dikeluarkan dari loyang agar brownies lebih set dan tidak hancur.


    Comments

    1. Trimakasih atas resepnya, anak saya gluten intolerance, jd ini sangat bermanfaat bagi saya :)

      ReplyDelete

    Post a Comment

    Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)