Pukis Susu Pandan





pukis susu pandan tehninit

Alhamdulillah sudah mulai lancar nih aku bikin pukis. Kalau biasanya pukisnya aku bikin pukis santan, kali ini coba eksperimen dengan susu kental manis plus ditambahin margarin cair. Pengen tau gimana enaknya dan mumpung bakal ada yang ngabisin juga yaitu para tukang, huehuehue..

pukis susu pandan tehninit
Jadi aku coba rombak resepnya supaya hasilnya lebih banyak, kutambah terigu dan susunya aku tambahin pelan-pelan sampai adonannya pas kekentalannya seperti pukis yang biasa aku bikin. Alhamdulillah jadi pake oke bangeeettt

Pukis Susu Pandan

Pukis Susu Pandan
Hasil 50 buah pukis

Bahan-bahan:
400 gr terigu
1/2 bungkus ragi instant (6 gr)
200 gr gula pasir
1 sdt garam
550 ml susu cair, bisa pakai UHT maupun 100 ml susu kental+air hingga menjadi 550 m
1 sdm pasta pandan
100 gr margarin

Cara membuat:
  • Campur semua bahan kecuali margarin, aduk hingga rata dan licin menggunakan sendok, tutup baskom dengan serbet, diamkan 30 menit
 pukis susu pandan tehninit
  • Setelah sekitar 25 menit, cairkan margarin  dalam panci kecil, cukup cairkan dengan api kecil hingga setengah cair, kemudian angkat dari api, aduk-aduk sisanya hingga mencair semua, kemudian masukkan ke dalam adonan, aduk rata
  • Olesi cetakan pukis dengan margarin
  • Panaskan cetakan dengan api kecil, setelah panas tuang adonan 3/4 cetakan, tutup cetakan, setelah sekitar 3 menit periksa, jika permukaannya telah kering dan sisinya sudah kecoklatan berarti sudah matang
 pukis susu pandan tehninit
  • Untuk selanjutnya cetakan tidak perlu dioles margarin lagi

Comments