Sponge Cake 3 Telur Empuk Banget

Sponge Cake 3 Telur Empuk Banget tanpa margarin SP soda kue baking powder
Awal tertarik sama resep yang aku save dari group arkme. Judulnya cake keju super empuk. Cake nya di panggang. Karena kemarin sudah 3 hari berturut-turut bikin bolu keju kukus jadul jadi bosen gitu sama yang judulnya cake keju. Maunya bikin sponge cake biasa karena dalam sejarah perjalananku mengembara di dunia kuliner kok malah belum nyoba bikin sponge cake sendiri huehuehue.. Akhirnya aku coba lah resep tersebut minus kejunya di dalam adonan. 

Tapi pas sudah mateng sepi juga kelihatannya..mana cake nya mengalami penuaan dini alias keriput-keriput imut yasudah deh akhirnya ngemix sedikit margarin+keju parut+skm putih buat dijadikan olesan atasnya sama ditaburi keju parut juga... Yahh ujung-ujungnya keju lagi xixixxiii.. Cakenya jadinya lembuuuttt banget dan ringan dan dibuat tanpa bahan tambahan kue kayak soda kue, baking powder dan sp.

Tapi menurutku kurang tepung ya..soalnya hasilnya berkerut, Katanya sih ini artinya kuenya kebanyakan telur. Mungkin aku yang kurang pas mengkonversi bahan. Dalam resep disebut 1 gelas terigu. Aku simpulkan 100 gr. Padahal kalau sang empunya resep pakai gelas belimbing harusnya lebih dari  100 gr hihihi..tapi gak papa..aku puas sama percobaan ini, soalnya rasa cakenya enaaaak banget, lembiut dan emphuk walau hanya pakai sedikit minyak goreng+susu kental manis putih. Resepnya sudah ku  rubah banget ya jadi sponge cake a la aku walau belum sempurna secara penampilan.


Sponge Cake 3 Telur Empuk Banget tanpa margarin SP soda kue baking powder

Sponge Cake Lembut Banget
Tanpa Margarin, SP , baking powder dan soda kue

Bahan di Mikser:
3 butir telur suhu ruang
80 gr (5 sdm) gula pasir
1/2 sdt vanili atau 2 vanili bulat
1/2 sdt garam, hilangkan jika pakai margarin

Bahan kering:
100 gr (9 sdm sedang) terigu
1 sdm maizena

Bahan Basah:
50 ml susu kental manis putih (5 sdm penuh)
50 ml minyak goreng (6 sdm penuh), atau bisa pakai margari

Cara Membuat:
  • Panas kan oven, olesi loyang 18x18 dengan dengan minyak tipis-tipis
  • Mikser bahan yang dimikser hingga mengembang dan berjejak, matikan mikser
Sponge Cake 3 Telur Empuk Banget tanpa margarin SP soda kue baking powder
  • Masukkan terigu per 2 sdm sambil di taburkan kemudian aduk balik menggunakan spatula atau centong nasi yang datar, bergantian dengan campuran minyak dan skm putih, masukkan bergantian sambil di aduk balik hingga rata.
  • Tuang kedalam loyang dan oven selama 25 menit atau hingga matang, dinginkan kue, setelah dingin olesi dengan  krim keju jika suka
Sponge Cake 3 Telur Empuk Banget tanpa margarin SP soda kue baking powder

Cara membuat krim keju yang simpel:
50 gr Margarin atau 1/4 bungkus
50 ml susu kental manis putih atau bisa ditambah sesuai selera manis
1/8 blok keju parut

Caranya: 
Semua bahan di atas dimikser selama 5 menit dengan kecepatan tinggi atau hingga mengembang. Awalnya memang terlihat tidak ada karena hanya menggunakan sedikit bahan, tapi mikser saja terus nanti dia akan mengembang

Penyelesaian:
oleskan krim pada kue yang sudah dingin, kemudian taburi keju parut
Jangan mengoles kue dengan krim saat kue masih panas atau hangat karena akan meleleh


Comments