Misoa Goreng Ekonomis

gorengan misoa mihun ekonomis

Pertama kali kenal misoa goreng sewaktu masih belum menikah. Waktu itu jaman kuliah aku suka sekali jajan di toko kue bernama Toko Kue Isna di Banjarbaru tempat aku tinggal. Kue-kue disana maknyus. Tempatnya pun strategis dipinggir jalan raya. Aku jajan disitu dari mulai tokonya baru buka menempati tempat yang sempit seperti sudut sampai sekarang jadi toko kue besar dan terkenal. Tapi setelah aku tinggal di Muara Badak ya tidak pernah jajan disana lagi deh.

Kemudian sewaktu aku membaca majalah Femina aku menemukan resep misoa goreng disana. Aku heran kok tidak dikukus dulu adonannya. Karena merasa aneh aku jadi tidak tertarik untuk mencoba.

Kemudian setelah aku menikah dan punya hp yang bisa internetan ( waktu itu hp China merknya Titan) aku rajin browsing resep salah satunya misoa goreng ini. Karena browser bawaan hp nya tidak bisa save page terpaksa resep-resep yang menarik aku catat manual. Lagian waktu itu belum paham kalau operamini harus di download dulu. Waktu itu masih tahun 2008.

step by step membuat gorengan misoa ekonomis


Tapi nyatanya aku baru praktek bertahun-tahun kemudian. Tepatnya 2013, xixixixi... Soalnya tahun-tahun awal menikah aku belum banyak praktek bikin kue. Lagipula aku kurang suka gorengan dan waktu itu juga belum punya kulkas, hehehe...

Nah, sekali bikin aku ketagihan deh. Sudah beberapa kali bikin. Saking banyaknya resep yang dibaca sampai-sampai waktu buat aku tidak lihat resep lagi. Kira-kira saja mana takaran yang menurutku enak diingat jadi kalau mau buat lagi gampang.

Ini dia resep misoa ekonomis ala Tehninit

Misoa Goreng (aka gorengan mihun)
Bahan:
250 gr misoa ~ di Muara Badak sini namanya mihun
1 buah ( 100 gr ) wortel, cincang kasar ~ Aku pakai chopper,  kali ini ga pakai wortel
1 liter air
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam

Bumbu:
3 siung besar bawang putih. cincang halus
1 batang besar bawang daun, iris halus

Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih dan bawang daun sampai wangi
  • Masukkan air dan wortel, didihkan sekitar 3 menit
  • Masukkan misoa, garam, merica dan kaldu bubuk, Aduk secukupnya sampai semua misoa terkena air dan melunak
  • Jika mulai melunak aduk terus dengan api sedang sampai air habis terserap misoa. Jangan luoa sambik dicicipi apa rasa yang kurang
  • Tuang misoa ke dalam wadah. Seperti loyang, baki, toples plastik dll. Biarkan hingga benar-benar dingin. Nanti misoanya akan menyatu sendiri. Lebih cepat lagi jika di taruh di kulkas
  • Jika sudah dingin bisa dipotong-potong. Selanjutnya bisa langsung digoreng maupun di stok dalam toples tertutup di kulkas
  • Menggorengnya bisa menggunakan beberapa pilihan bahan pelapis. Yaitu:
  • celupkan ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung roti
  • Jika tidak ada telur bisa dicelupkan dalam larutan terigu agak encer baru digulingkan ke tepung roti
  • Celupkan ke kocokan telur lalu goreng
  • Selebihnya suka-suka lah yaa.. Aku suka menyantapnya dengan saos sambal.


Comments