Killer Soft Bread, Pakai Mikser Tangan 😁

killer softbread berserat bagus

Yuhuuu hepiii hepiiii akhirnya bisa juga bikin killer soft bread dijalan yang lurus, wkwkwkwk.. Seratnya duuuhhh... Sudah pernah bikin #killersoftbread ala victoria Bakes yang super heboh itu tapi jadinya padet karena cara bikin yang ngasal. Ada aku share di IG, hasilnya dikit jadinya. Pas diloyang brownies ukuran 10x22x4 cm saja. Terus kepikiran nyoba lagi dan browsing di IG. Dapat foto paling atas paling syantiek menurutku yaitu foto pada akunnya mbak @ameitan891. Dari captionnya katanya beliau inilah yang pertama kali share resepnya di cookpad yang kemudian di recook sama banyak orang. 

Killer soft bread
Killer soft bread percobaan pertama dulu. Hasilnya dikit karena gak diulenin

Killer soft bread
Padet hasilnya 😁
Karena tidak ingin sejarah kelam berulang sekarang coba ikutin semuanya dengan taat dah patuh... daripada bete gak elastis2 akhirnya aku coba pakai hand mixer dari awal.. dan ternyata gak elastis juga.. jangankan elastis kalis aja gak.. padahal 20 menit di mikser.. yasudahlah ku proofing saja 30 menit.. baru dibentuk dengan bantuan minyak supaya ga lengket.. baru dibentuk dan proofing lagi dan oven.. alhamdulillah jadinya menuuull dan yang penting berserat syantiikk.. walaupun buruk rupa karena roti mengembang terlalu tinggi hingga menabrak langit2 otang πŸ˜‚
roti lembut pakai mikser tangan
kotor 😒

Mana lupa lagi ngasih olesan kuning telur. Dan ternyata hasilnya juga lebih banyak tuh. Pakai loyang loaf 10x22x7 saja sampai luber-luber. Rotinya jadi kotor deh, hikz.. Ini mungkin suatu pertanda kalau Allah mau kasih aku oven baru yang lebih canggih amiiinnnn... aminkan doooong, wkwkwkwk... Nah beberapa hari kemudian aku bikin lagi tapi waktu miksernya dikurangin setengahnya, totalnya 10 menit saja. Hasilnya gatot gak ada seratnya samsek malah kayak cake. hikzzz.. Okeh.. prolog membosankan diatas adalah cara bikin ala aku ya.. nah dibawah ini aku kopikan resepnya dan caranya sesuai aslinya.. semoga bermanfaat.. muaach..πŸ˜˜πŸ˜ƒ


roti lembut berserat pakai mikser tangan
Pakai sarikaya enyak enyak enyak

Killer Soft Bread (Pakai Hand Mixer)
Sumber IG @ameitan891

Bahan-bahan:

260 gr tepung terigu protein tinggi---> aku pakai terigu biasa
3 gr ragi instant---> 1 sdt
180 gr(1 telur+ susu cair)
30 gr gula pasir---> 2 sdm
30 gr butter---> pakai margarin
2 gr garam---> 1/2 sdt

Cara Membuat:
  • Campur susu cair +telur aduk rata
  • Masukkan tepung ,ragi,gula pasir, uleni hingga kalis (aku pakai mikser tangan 10 menit sambil sesekali stop supaya miksernya gak terbakar, gak kalis-kalis tapi lanjoott)
  • Masukkan mentega+garam, uleni hingga kalis elastis (tetap pakai mikser tangan dan sesekali berhenti, gak kalis-kalis juga book, jadi kudiamkan 30 menit dulu sebelum ke langkah selanjutnya)
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian (aku 7 bagian), gilas, gulung, susun di loyang roti (aku pakai loyang loaf 10x22x7 cm) biarkan fermentasi hingga tingginya 2 kali lipat, aku panaskan oven 2 menit api besar kemudian masukkan adonan yang ditutup serbet, kubiarkan selama 45 menit 
roti lembut berserat pakai mikser tangan
  • Panaskan oven, oven sampai matang, atau sekitar 30 menit pakai otang api besar, terlihat dari permukaannya yang cokelat muda. Aku taruh dirak oven paling atas 

    roti lembut berserat pakai mikser tangan
    Pakai cokelat blok dan keju parut, sejenak beban hidup tertelan bersama kunyahan roti inih πŸ˜†

Comments

  1. Prolognya bikin ngakak, mba. Menghibur sekali.

    Duh, yang pake coklat blok dan keju parut, menggoda iman, mba. Ences liatnya, heheheh....

    ReplyDelete
  2. Mbak,sy bikin jg gak berserat mbk,malah kayak setengah mateng.hiks, jd penasaran pake hasnd mixer jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaaaff telat balas. cobain mbak, tapi liat2 nya miksernya berjeda takut berasap kalo dipaksa

      Delete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)