Brownies Kukus Keju Tepung Beras Praktis

brownies-kukus-keju-tepung-beras-gluten-free


Puji Syukur kepada Allah karena memberikanku pencerahan komposisi resep Brownies Kukus Keju yang gluten free.. ooohhh i'am so happy.. aku merasa seperti seorang ilmuwan yang berkali-kali gagal tapi kemudian malah menemukan sesuatu yang lebih baik. Resep ini terinspirasi dari resep Brownies Kukus Keju Pak Sahak yang sudah pernah ku posting beberapa tahun lalu.  Kemudian setelah sedikit paham tentang pentingnya mengurangi konsumsi terigu aku jadi kepikiran bikin yang versi tepung beras.

Sebelumnya mencoba resep brownies kukus keju gluten free nya ummu fatimah dan bisa dibilang gagal. Resep asli menggunakan cream cheese karena tidak punya jadi aku ganti dengan keju parut 100 gr sesuai saran di blog. Yang terjadi malah keju parutnya semua menumpuk didasar loyang dan berbentuk keju parut utuh. Bagus deh polanya. Sayangnya fotonya hilang sewaktu tabletku hang. Kok aku gagal ya, padahal ada juga blogger lain coba pakai keju parut dan berhasil. Sebenarnya aku masih penasaran dan mau mencoba lagi resep tersebut tapi sayang keinginanku kalah oleh kemalasan mengangkat mixer, xixixxi

Akhirnya aku modifikasi sendiri dari resep dasar cake 2 telur yang biasa aku bikin. Aku hanya menggunakan 3 sdm gula. Jadi manisnya semriwing saja. Soalnya nanti kuenya mau ku toping sama selai blueberi. Biar gak dobel gitu manisnya. Biar pas gurih cake keju bertemu manis seger selai bkuberi.

Untuk versi terigunya bisa di klik Brownies Kukus Keju Tehninit

Brownies Kukus Keju Tepung Beras A la Tehninit


Bahan A: campur jadi 1
100 gr (1 cup +1 sdm ) tepung beras
1 sdt baking powder

Bahan B: blender jadi satu sampai halus
2 butir telur
3 sdm gula pasir (50gr)
50 ml minyak goreng
150 ml susu cair
2/3 blok (120 gr) keju cheddar, potong kecil-kecil

Topping:
Selai blueberi secukupnya
1/3 blok (60 gr) keju parut

Cara Membuat:

  1. Didihkan dandang
  2. Siapkan loyang 10x22x7,  olesi minyak bila perlu ~ aku tidak dioles apa-apa
  3. Masukkan bahan B ke bahan A sambil diaduk perlahan hingga rata
  4. Tuang ke dalam loyang, kukus 40 menit
  5. Setelah matang dan dingin olesi permukaanya dengan selai bluberi dan taburi keju parut, potong-potong, sajikan

Comments

  1. Teh,makasih resepnya kebetulan dirumah pd ga makan terigu..iseng2 browsing ketemu resep teh ninit seneng banget selain low budget jg sehat xiixixxi...walaupun pertama bikin cakenya ga ngembang (ga ada mixer jd pake blender) ya udh seadanya aja...tp walaupun gatot kt org rumah enak sih (maklum baru turun ke dapur gara2 diet gluten free n susah jg kalo mau jajan di luar )hehhehe..ditunggu resep yg berikutnya yah teh..aku blm bisa modifikasi krn baru amatir...punten haturnuhun teh

    ReplyDelete
  2. Sama2 Mbak Denny Smg bermanfaat ya.. Jgn putus asa cb terus nanti jg ketemu selahnya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)